Mohon tunggu...
Musfiq Fadhil
Musfiq Fadhil Mohon Tunggu... Kuli

Hi, panggil saya Abdul, saja. | Alumni S1 Kesehatan Masyarakat (K3) UNNES | Seorang Pemikir yang setiap hari memikirkanmu.

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Mengurai Lagu Rap "Terserah" yang Lagi Viral

18 Mei 2020   04:45 Diperbarui: 19 Mei 2020   21:01 2787 63 23 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengurai Lagu Rap "Terserah" yang Lagi Viral
tangkapan layar dari lagu The Rap Up Indonesia - Terserah. (Youtube.com/The Rap Up Indonesia)

Hallo! Hari ini kolom status di WhatsApp saya tiba-tiba kok penuh ya dengan unggahan video klip "Terserah". Saya yang kudet karena cuma ngandelin Fesbukan (dan WA-nan), baru menyadari ternyata lagu Terserah ini sedang viral banget ya di twitter dan Instagram. 

Sampai-sampai banyak teman saya, terutama yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan seperti berbondong-bondong menjejali telinga dan mataku untuk mendengarkan lagu yang katanya relevan sekali dengan fenomena kelakuan "berbahaya" masyarakat kita di tengah musim pandemi.

Buset dah, otakku yang lagi sibuk mikirin keisitimewaanan dibalik perhitungan kenapa 2x2=2+2=4, padahal angka lain, selain nol, tidak bisa sama hasilnya, jadi penasaran juga buat mikirin apa sih yang sebenarnya ingin disampaikan dari lagu "Terserah" ini? 

 Lagu "Terserah" The Rap Up Indonesia

Berdasarkan riset singkat saya di dunia maya, ternyata lagu Terserah yang lagi viral ini adalah episode ke-3 yang dihasilkan oleh The Rap Up Indonesia. The Rap Up adalah content creator yang memproduksi lagu-lagu rap yang topiknya mereka ambil dari berita-berita terhangat yang sedang terjadi. 

Menurut saya The Rap Up Indonesia ini Unik. Berita-berita serius yang bisa bikin kepala saya pusing ketika menyimaknya, bisa disampaikan dengan sebuah konten menghibur melalui musik rap yang santai. Nah, mari saya ajak anda untuk mendengarkan lagi lagu Terserah berikut ini:


Dan berikut ini penggalan lirik lagunya: 

Ada konser lagi di Jakarta. Thamrin arena kebal corona. eh kena denda 10 juta. Nanti harus nyapu jalan raya. terserah terserah. lo tuh kebal corona. terserah terserah. kebal sekeluarga. terserah terserah. ibu bapak semua. gue ikutan aja. tiba-tiba PSBB. dilonggarkan kendaraan udah mulai mau penuh di jalanan. Tiba-tiba undang-undang minerba disahkan. tiba-tiba BPJS dinaikkan. terserah terserah. ..... tiga bulan dirumah, ... itu ngaruh atau sia-sia.

Menguraikan lagu Terserah

Oke, mari saya uraikan topik-topik yang berusaha disampaikan oleh lagu terseerah ini, dengan cara terserah saya, dimulai dari kalimat pertama "Ada Konser lagi di Jakarta"Dalam video, tidak jelas konser mana yang dimaksud oleh si pembuat lagu. Tidak ada tangkapan layar judul berita yang ditampilkan.

 Jadi saya cocoklogikan saja ya, bahwa konser yang dimaksud adalah KONSER VIRTUAL BERBAGI KASIH BERSAMA BIMBO, yang diselenggarakan oleh MPR RI dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIB), kemarin (17/5). 

Konser amal yang (katanya) bertujuan untuk menggugah rasa gotong royong masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini, sukses mengumpulkan dana sebanyak 4 milyar. 

Tangkap layar
Tangkap layar "Terserah" The Rap Up Indonesia (Youtube)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x