Mohon tunggu...
Mustlieliek
Mustlieliek Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya hanyalah insan biasa yang biasa berbuat layaknya manusia biasa, sehingga saya hanya biasa-biasa saja.. tidak seperti yang lainnya biasa berbasa basi seperti penjual obat ..

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Mencegah Kolesterol Tinggi

26 Juli 2017   18:10 Diperbarui: 7 Agustus 2017   17:30 623 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Mencegah Kolesterol Tinggi
Pentingnya Mencegah Kolesterol Tinggi | seismic.com

Fungsi kolesterol dalam tubuh kita sebenarnya adalah sebagai sumber energi, sebagai pembentuk dinding sel-sel dalam tubuh dan bahan dasar untuk pembentukan hormon-hormon. Namun, fungsinya dapat berubah ketika kadar kolesterol dalam tubuh menjadi tinggi, bukannya sebagai sumber energi melainkan sebagai pemicu tumbuhnya penyakit lain dalam tubuh yang lebih serius.

Didalam kolesterol terdapat 2 bentuk kolesterol, yaitu kolesterol yang bersifat sebagai LDL (Low Dencity Lipoprotein) yang lebih dikenal sebagai kolesterol jahat, dan HDL (High Dencity Lipoprotein) yang dikenal dengan kolesterol baik. Jika kedua jenis kolesterol ini memiliki kadar yang tidak seimbang khususnya pada kondisi LDL lebih tinggi dari HDL maka bisa mengakibatkan penempelan kolesterol di pembuluh darah, penempelan yang terus terjadi lama kelamaan menumpuk dan mampu menyumbat pembuluh darah, sehingga pembuluh darah menyempit bahkan tersumbat dan ruang gerak oksigen atau darah menjadi sempit, dengan begitu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh tidak berjalan secara lebih maksimal.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penting bagi kita untuk mengetahui penyebab kolesterol sebelum mulai mengkonsumsi obat kolesterol. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh:

  1. Konsumsi makanan yang tidak sehat. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan makanan berlemak di sekitar. Telur, keju, daging sapi, mayonaise, goreng-gorengan, dan masih banyak lagi yang lainnnya. Dengan ini tentu saja pengobatan terbaik adalah dengan menghindari makanan berlemak. Anda tidak perlu mengetahui cara menurunkan kolesterol jika dari awal sudah membiasakan diri mengkonsumsi makanan penurun kolesterol seperti buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini rendah lemak, namun kaya vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Karena makanan berkolesterol hampir tidak mungkin dihindari, cara terbaik adalah dengan membatasi konsumsinya.
  2. Merokok juga merupakan salah satu pemicu kolesterol tinggi. Anda mungkin tidak menyangka bahwa kandungan di dalam rokok yang disebut acrolein mampu menurunkan kerja HDL. Pada kondisi tubuh yang sehat, kedua jenis kolesterol ini bersinergi dengan baik. Namun jika LDL lebih aktif daripada HDL, maka muncullah kolesterol tinggi.
  3. Menderita penyakit diabetes dan atau tekanan darah tinggi,
  4. Memiliki riwayat penyakit yang sama dalam satu keluarga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x