Mohon tunggu...
MUSLIKAH
MUSLIKAH Mohon Tunggu... Guru - BERDOA, BELAJAR, BERUSAHA

Muslikah. Guru Madrasah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pola Belajar Efektif di Masa Pandemi

6 Desember 2021   10:03 Diperbarui: 6 Desember 2021   10:09 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tulisan ini merupakan hasil kuliah di group Belajar Menulis 14. Kala itu malam Minggu yang cerah, menyimak materi dari Bapak Wijaya Kusumah, tentang: (1) Pola Belajar Efektif dari Rumah, (2) Menulislah Setiap Hari Buktikan Apa yang Terjadi. Beliau sering disapa Omjay, penulis hebat dan berbakat. Beliau juga seorang motivator yang gemar membangkitkan semangat menulis terutama bagi para guru. Sangat bangga bertemu maya dengan Beliau.

Sejak wabah Corona melanda dunia, termasuk Indonesia yang telah lebih delapan bulan lamanya, salah satu dampak dari pandemi Covid-19 ini adalah kegiatan pembelajaran antara siswa dan guru terpisah oleh ruang dan waktu dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran terpaksa dilaksanakan dari rumah masing-masing. Siswa dan guru sama-sama belajar dari rumah (BDR). Hal yang perlu diperhatikan dari pembelajaran jarak jauh ini agar tercipta pola belajar yang efektif, terbukti ketika guru dan siswa merasa sama-sama senang.

Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan agar dapat menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah antara lain: (1) Pola, (2) Belajar, (3) Efektif, (4) Rumah. Pertama, Pola : menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu sistem kerja atau cara kerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskripsikan gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327).

Kedua, Belajar. Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang di mana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan perilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya. Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan menurut C.T Morgan mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu.

Ketiga, Efektif. Efektif  bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan. Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang diinginkan belum tercapai. Keempat, Rumah. Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menepati rumah tersebut. Berdasarkan definisi-definisi di atas, pola belajar efektif dari rumah dapat diartikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Dari pengertian di atas agar siswa dan guru sama-sama senang dan tercipta pola pembelajaran yang efektif dari rumah, maka yang perlu diperhatikan adalah: siswa dan guru harus memiliki internet yang lancar, media utama dalam pembelajaran jarak jauh adalah internet, jika akses internet siswa atau guru mengalami masalah, maka pembelajaran bukan lagi menyenangkan akan tetapi menegangkan. Pola atau cara kerja yang diciptakan harus menarik, misal sebelum pembelajaran dalam jaringan atau daring menarik, guru harus sudah siap dengan materi yang akan disampaikan apa itu dalam bentuk powerpoint, atau web. Juga bisa berbentu video, voice note atau gambar.

Efektif yaitu bagaimana usaha antara guru dan siswa semaksimal mungkin dalam menggunakan media khususnya internet dalam pembelajaran jarak jauh. Guru mengintruksikan  kepada siswa untuk membuat jadwal. Sehingga setiap siswa mampu membuat jadwal harian dari bangun tidur hingga tidur kembali, jika sudah membuat jadwal maka mereka akan lebih tertib belajarnya. Jika pembelajaran melalui internet, perlu peran orang tua untuk mendampingi putra-putrinya dan bekerjasama dengan para guru untuk menyampaikan laporan atau bimbingan melalui WAG. Peran orang tua sangat penting ketika belajar dari rumah.

Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tersebut dengan memadukan antara teks, foto dan video. Kesimpulan materi malam ini adalah untuk menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah adalah guru dan siswa harus sama-sama senang. Guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dengan begitu guru bisa membuat pola mengajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Setiap siswa harus membuat jadwal, guru bekerja sama dengan orang tua untuk mendampingi putra-putrinya untuk melaksanakan pembelajaran yang sudah terjadwal dan lakukan diskusi atau komunikasi lewat WAG jika diperlukan.

Untuk materi kedua Omjay membahas tema 'Menulislah Setiap Hari Buktikan Apa yang Terjadi'. Apalagi bagi guru di masa pandemi ini membuat PTK mengalami sedikit kendala terkait adanya PJJ. Maka yang paling bagus adalah membuat buku. Omjay pernah memaparkan jika kesulitan dalam menulis buku dan kehabisan ide. Beliau memberi tip dengan melakukan kegiatan menulis setiap hari. Jika lupa menulis atau terabaikan karena banyaknya tugas harian, maka harus menebus kealpaan menulis dengan menulis dobel. Sebagai hukuman ketidaktertiban, maka jika kita menulis setiap hari akan terkumpul tulisan yang banyak sekali.

Selain itu dalam bukunya Omjay pernah menuliskan cara menulis yang bisa dilakukan oleh para blogger agar bisa menjadi buku: (1) Tulislah apapun yang bisa ditangkap oleh indera penglihatan, (2) Menentukan tujuan menulis. (3) Menentukan pembaca dari tulisan kita, (4) Menentukan pesan yang akan disampaikan kepada pembaca, (5) Memberikan keleluasaan kepada tangan untuk menuliskan semua yang terekam dalam otak, (6) Berfikir dulu sebelum memposting, mungkin masih ada sesuatu yang belum lengkap dan perlu ditambahkan, (7) Membuka kembali tulisan dan mencermatinya, (8) Tambahkan beberapa kalimat efektif agar pesan sampai kepada pembaca, (9) Simpan kembali, dicermati lagi mungkin ada kalimat yang belum pas. Perbaiki dengan benar sehingga bisa segera diposting. Jika tulisan ditujukan kepada remaja maka sebaiknya menggunakan bahasa gaul.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun