Mohon tunggu...
Muslifa Aseani
Muslifa Aseani Mohon Tunggu... Momblogger Lombok

www.muslifaaseani.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Muhasabah Diri pada Lirik Lagu Islami

22 April 2021   10:13 Diperbarui: 22 April 2021   10:19 465 11 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Muhasabah Diri pada Lirik Lagu Islami
BIMBO menerima Legend AMI Award 2019. SS Web Kompas

Rindu kami padamu ya Rosul | Rindu tiada terperi | Berabad jarak darimu ya Rosul | Seakan engkau di sini - Lagu 'Rindu Rosul', Bimbo

Saya cengeng. Kemarin pun sudah mengakui hal itu. Cengeng juga saat mendendangkan lirih empat baris dari satu bait lagu di atas. Lagu 'Rindu Rosul, milik Bimbo.

Masih juga Bimbo, yang lagu lainnya saya kutip di tulisan lain, yakni 'Ada anak bertanya pada bapaknya'. Judul sederhana. Lirik sederhana. Namun sangat menyentuh dan so much relate dengan keseharian kita.

Penyejuk Usai Lelah Memburu Dunia

Islam indah. Kelekatan ini yang rasakan di banyak lagu-lagu Bimbo. Kesederhanaan diksi pada lirik-lirik lagu, tak mengurangi efek dahsyat dari perenungan di setiap lagu.

Mencari rezeki, mencari ilmu | Mengukur jalanan seharian | Begitu terdengar adzan | Kembali tersungkur hamba - Lagu 'Ada Sajadah Panjang Terbentang, Bimbo

Segala penat, meleleh di hampar sajadah panjang. Tak peduli sajadahmu high branded, atau sulur ujungnya mulai tercerabut. Segala kesah tumpah, untuk lalu tegak lagi berdiri. Allohuakbar. Mari kembali mencukupkan dunia.

Saya teringat sedikit kenangan masa lalu, terkait sajadah. Jika sesekali ada yang menjadikan jidat hitam sebagai bahan stand up comedy, dulu sajadah pun pernah jadi indikator 'kesolehan'. Ada jenis sajadah, yang bulu-bulunya makin meranggas hilang, bak mulusnya kepala Pangeran Mahkota UK Kingdom -- Prince William. Asa menghibur diri karena belum mampu membeli sajadah baru, kesan bahwa kita terlalu sering tersungkur di atasnya, bak lepel iman kita di kelas 'bangsawan'. Wallohualam bissowab.

Pengingat Dosa dan Penggegas Taubat

Masih juga bersama Bimbo. Mereka yang mengawali karir bermusik di tahun 1967, tadinya baru bertiga saudara. Sam, Jaka dan Acil. Belakangan,  Iin Parlina bergabung. Iin adik perempuan mereka. Salah satu jejak terbaik, Indonesia juga punya musisi yang lahir dari kekerabatan. Buat saya, 11 12 dengan The Corrs. Meski beda genre, keunikan dan kekhasan mereka berdua punya tempat tersendiri di hati saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN