Mohon tunggu...
Musleh
Musleh Mohon Tunggu... Guru - sebagai pengajar - im simple man

Keseharian saya mengajar ekonomi/akuntansi, juga suka berolahraga dan moto saya banyak berbuat baik untuk semua

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Mengajar: Mencari Tujuan, Tantangan, dan Peluang untuk Masa Depan

13 Oktober 2023   20:11 Diperbarui: 13 Oktober 2023   20:13 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belajar dari pengalaman adalah salah satu aspek penting dalam mengajar. Sebagai seorang pendidik, refleksi terhadap pengajaran dan pembelajaran adalah langkah kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa. Dalam artikel ini, kita akan merenung bersama tentang tujuan, tantangan, dan peluang dalam mengajar semester/tahun ini.

1. Tujuan Mengajar

Tujuan saya mengajar semester ini adalah untuk memberikan lingkungan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Saya ingin siswa tidak hanya memahami materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kepemimpinan. Selain itu, saya berusaha untuk meningkatkan minat belajar siswa dan membantu mereka merasa termotivasi dalam mencapai tujuan akademik dan pribadi mereka.

mapel ekonomi (dokpri)
mapel ekonomi (dokpri)

2. Proses Belajar-Mengajar yang Memuaskan

Salah satu hal yang saya nikmati dari proses belajar-mengajar semester ini adalah interaksi dengan siswa. Saya merasa senang melihat semangat mereka dalam mengikuti diskusi kelas, dan saya sangat menikmati saat mereka mulai mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan berfikir kritis. Saya merasa puas ketika melihat siswa berkolaborasi dalam proyek-proyek kelompok dan membangun keterampilan sosial mereka selama semester ini.

3. Keberhasilan dalam Pengajaran dan Asesmen

Dalam pengajaran dan asesmen, saya merasa berhasil dalam merancang tugas dan ujian yang mendukung pembelajaran aktif. Saya juga berhasil mengidentifikasi kebutuhan individu siswa dan memberikan bimbingan yang sesuai. Selain itu, proyek kelompok yang saya ajarkan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi yang penting.

4. Peningkatan yang Diperlukan

Tentu saja, ada aspek yang perlu peningkatan dalam pengajaran dan asesmen saya. Salah satunya adalah manajemen waktu. Saya sering merasa terbebani oleh tenggat waktu yang ketat, dan ini dapat mengganggu kualitas pengajaran saya. Saya juga ingin lebih fokus pada penggunaan teknologi dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun