Tekno

System Billing di Rumah Sakit

14 November 2017   14:39 Diperbarui: 14 November 2017   14:57 1793 0 0

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. LATAR BELAKANG

Semakin hari dunia semakin mengalami perkembangan secara signifikan. Dunia seakan tak henti hentinya berkembang ke arah yang lebih modern. Salah satu perkembangan yang sangat pesat adalah perkembangan di sektor teknologi. Perkembangan sektor teknologi telah merubah bagaimana cara kita hidup dan bekerja. Perkembangan teknologi informasi dunia yang begitu pesat sekarang ini telah merambah ke berbagai sektor. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita juga dituntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi adalah penggunaan komputer di berbagai bidang kehidupan. Komputer telah mengalami perkembangan mulai dari hardware hingga software. Penggunaan komputer saat ini sudah mempengaruhi hampir di seluruh aspek kehidupan.

Peranan teknologi informasi dalam berbagai aspek tersebut dapat dipahami karena sebagai sebuah teknologi yang menitikberatkan pada pengaturan sistem informasi dengan penggunaan komputer, teknologi informasi dapat memenuhi kebutuhan informasi dengan sangat cepat, tepat waktu, relevan, dan akurat. Menurut Wilkinson dan Cerullo (1997) dalam Laksmi (2015) hampir semua perusahaan bisnis menggunakan mikrokomputer dan komputer induk sebagai bagian yang saling terintegrasi dalam system informasi. Kebutuhan akan komputer untuk menunjang terciptanya informasi yang akurat sangatlah besar terutama di bidang kesehatan.

Peranan teknologi informasi di bidang kesehatan sangat penting. Kita tahu bahwa pelayanan kesehatan memerlukan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat. Di dalam hal ini teknologi informasi yang diterapkan didalam dunia kesehatan sangat berperan penting. Tidak hanya akan dirasakan manfaatnya oleh para penggunanya, tetapi juga oleh organisasi, perusahaan dan instansi yang terkait di dalam bidang kesehatan tersebut, misalnya rumah sakit, puskesmas, klinik, PBF (pedagang besar farmasi), pabrik obat dan lain sebagainya di dalam hal  penyimpanan dan pengolahan data, administrasi suatu rumah sakit atau klinik, hingga melakukan riset bidang kedokteran, mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.

Perangkat ini secara tidak langsung dapat menolong jiwa manusia . sehingga memerlukan suatu teknologi software yang dapat mengatur semua secara menyeluruh. Seperti menggunakan system "Billing".

B. RUMUSAN MASALAH

  • Bagaimana Sistem Informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web?

C. TUJUAN MASALAH

1. Tujuan Umum

  • Menjelaskan system informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web

2. Tujuan Khusus

  • Mengetahui pengertian informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web
  • Mengetahui bentuk informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web
  • Mengetahui mekanisme informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web
  • Mengetahui perangkat pendukung informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web
  • Mengetahui keuntungan dan kerugian informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web
  • Mengetahui sistem informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web

3. MANFAAT

       Memberikan informasi kepada pembaca tentang system informasi Billing Rumah Sakit berbasis pemrograman web.

BAB II

LANDASAN TEORI

 

A. Pengertian Sistem  Billing

Billing berasal dari bahasa Inggris yaitu bill (noun), yang artinya bukti transaksi pembayaran. Maka billing dapat juga diartikan mengirimkan bukti transaksi, atau mengumumkan bukti transaksi. Setiap bidang usaha kini selalu melakukan transaksi, apalagi bidang-bidang yang selalu melakukan transaksi dalam jumlah besar seperti rumah sakit atau departement store atau bidang usaha yang transaksinya berbentuk abstrak seperti usaha warung internet atau warung game online, dan disinilah sistem billing bekerja. Sistem billing merupakan sistem yang membantu para usahawan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. 

Contohnya bagi pengusaha warung internet, billing sistem digunakan untuk memonitor penggunaan dan pemasukan warnetnya. Sedangkan jika bagi usahawan di bidang perumahsakitan sistem billing digunakan untuk mencatat proses pelayanan, mulai pasien datang sampai dengan pasien pulang. Menghitung biaya yang harus dibayar pasien secara otomatis, serta memberikan informasi sebagai analisa pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. (Laksmi, 2015)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5