Mohon tunggu...
Muslim Amiren
Muslim Amiren Mohon Tunggu... Dosen - Seorang futurist, easy going, dan berharap hidupnya bermanfaat banyak bagi diri, keluarga dan masyarakat sekitar

Dosen FMIPA, Jurusan Informatika. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh. Usaha: NTA TOUR TRAVEL (tour operator dari Aceh untuk Dunia) Visi: Menjadi rahmatan lil Indonesiain. Misi: Menulis, merawat ingatan, melawan lupa. Hp/WA: 085277224606, email: ntatourtravel@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Kenduri Bersama Pelaku Wisata Aceh di Gampong Nusa

1 Oktober 2022   16:56 Diperbarui: 1 Oktober 2022   17:14 192 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Makan bersama di pinggir jembatanSumber: WAG Pelaku Wisata Aceh

Desa Wisata Gampong sudah terkenal se Antero Indonesia, apalagi kalau cuma Aceh. Desa ini terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik untuk kategori Homestay ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021. Desa ini dikunjungi langsung oleh Mas Sandi Uno. Tidak main-main, no 1 dari ribuan desa peserta lainnya di Seluruh Indonesia. Disinilah dibuat acara "Meuramien (kenduri) Bersama para Pelaku Wisata", pada Sabtu 1 Oktober 2022. Dihadiri oleh para pelaku wisata Aceh.

Acara ini diinisiasi oleh kawan-kawan yang bergabung dalam grup WA Pelaku Wisata Aceh. Didalamnya terkumpul pada praktisi dari berbagai latar. Ada yang dari hotel seperti Hotel Rasamala dan Hotel Medan serta Hotel Lading. Ada dari Guide seperti Al-muntarizi dan Tuanku Ihsan. Ada dari ASPPI seperti Muslim Amiren dari NTA Tour dan Travel, Bro Rizal, Haji Ilyas dari Sardifa Travel dan Pak Asrul dari Green Paradise Hotel serta Irwan dari Gadeng Wisata Sabang . Dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk pendanaan dipegang oleh Edi Rahmani.

Santunan untuk Anak Yatim oleh Bro Haji Ilyas Sumber: WAG Pelaku Pariwisata Aceh 
Santunan untuk Anak Yatim oleh Bro Haji Ilyas Sumber: WAG Pelaku Pariwisata Aceh 
Acara berlangsung sangat khidmat di pinggir sungai, dekat jembatan yang disumbang oleh Bank Indonesia. Cuaca sangat mendukung. "Mildy" kata orang Eropa, dingin-dingin empuk. Acara dibuka oleh Jihan (TIC Pelabuhan Penyebrangan Ulee Lheu) sebagai moderator dan panitia, Tgk. Maimun. Beliau mengatakan bahwa acaranya berlangsung dari sumbangan dana dari para pelaku wisata untuk mensyukuri dibuka kembali penerbangan Internasional Aceh dan Malaysia mulai Senin 3 Oktober besok. 

Selanjutnya Sambutan dari Pak Keuchik Nusa yang mengatakan Gampong Nusa dikembangkan untuk mengalihkan sibuknya anak-anak bermain hp/games menjadi kembali belajar seni budaya lokal. Selanjutnya Kak Anyak dari LPN (Lembaga Pariwisata Nanggroe), bukan Pokdarwis mengatakan bahwa untuk mengetahui apa yang ada di Gampong Nusa, nggak bisa sambil sekedar lewat. Tetapi harus menginap di Gampong, sehingga bisa menikmati apa keistimewaannya.

Wejangan Pak Keuchik Gampong NusaSumber: WAG Pelaku Wisata Aceh
Wejangan Pak Keuchik Gampong NusaSumber: WAG Pelaku Wisata Aceh
Awalnya yang berkunjung kesini adalah tamu dari India. Kemudian disusul dari Mqlaysia. Namun selama pandemi yang banyak berkunjung adalah tamu domestik dari Jakarta dan Medan. Semoga dengan dibuka kembali penerbangan Internasional, banyak wisatawan asing akan berkunjung kesini. Banyak kegiatan dan atraksi yang bisa dipelajari di gampong ini. Dari masak-memasak makanan lokal, permainan tradisional hingga memanen padi. Salah satu sekolah yang setiap tahun belajar memotong padi dengan sabit tradisional ialah Sekolah SMP/SMA Fatih Boarding School Banda Aceh.

Kak Anyak, Wanita berjasa pengembang wisata Gampong Nusa
Kak Anyak, Wanita berjasa pengembang wisata Gampong Nusa

Setelah penjelasan Kak Anyak, acara ditutup dengan doa panjang dari Ustadz Zulfikar, setelah membagi donasi untuk 2 orang anak yatim/piatu yang ada di desa tersebut. Selanjutnya para peserta makan bersama menu Gampong seperti masak bebek Aceh, Sayur "on murong, cah sambel khas pinggir pantai dan ikan asin Gampong Nusa serta Omelet khas Aceh. Tak lupa semangka seedless dan pisang "ayam" masak di batang.

Makan bersama, antri dengan tertib BroSumber: WAG Pelaku Wisata Aceh
Makan bersama, antri dengan tertib BroSumber: WAG Pelaku Wisata Aceh
Setelah selesai acara, peserta melakukan shalat berjamaah dan diakhiri dengan tour keliling Gampong. Semoga Gampong Nusa kembali ramai. Amin ya Rabbal alamin.
Suasana gembira menyambut kembalinya Air Asia Sumber: WAG Pelaku Wisata Aceh
Suasana gembira menyambut kembalinya Air Asia Sumber: WAG Pelaku Wisata Aceh

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan