Mohon tunggu...
Humaniora Pilihan

Penerimaan Mahasiswa Tim I KKN UNDIP 2019 oleh Warga Desa Munggangsari

21 Februari 2019   09:35 Diperbarui: 21 Februari 2019   10:15 37 0 0 Mohon Tunggu...

Tim I KKN Universitas Diponegoro 2019 khususnya di Desa Munggangsari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung telah diterjunkan pada hari Selasa (08/01). Setelah upacara penerimaan di Kecamatan Ngadirejo, selanjutnya mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro menuju posko pada masing-masing desa. Pada desa Munggangsari ditempati oleh Tim 6 kecamatan Ngadirejo yang beranggotakan 8 mahasiswa.

Mahasiswa Tim I KKN Undip di Desa Katekan diterima oleh kepala Desa Mungangsari yaitu bapak Suroso beserta jajarannya. Selaku kepala Desa Mungangsari beliau memberi penjelasan tentang keadaan dan potensi apa saja yang ada di desa. 

Beliau sangat mengharapkan kehadiran mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP dapat sedikitnya meringankan ataupun membantu berbagai permasalahan yang dialami desa Munggangsari. Selain itu beliau memberi pesan untuk mahasiswa KKN Undip untuk bisa membaur ke masyarakat dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di desa, seperti posyandu, kerja bakti, pengajian, kegiatan pemuda, ataupun kegiatan kesenian yang ada di desa.

Pada Desa Munggangsari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Desa Munggangsari terdiri dari 5 Dusun yaitu Dusun Lapangsari, Dusun Logede, Dusun Gondangan, Dusun Mendongan dan Dusun Daksari. 

Berdasarkan data monografi desa tahun 2018 jumlah penduduk yang bertempat tinggal di Desa Munggangsari adalah 1.343 dari 439 KK. Jumlah antara perempuan dan laki laki hampir seimbang. Luas wilayah Desa Munggangsari adalah 176,451 Ha.

Pada minggu pertama mahasiswa Tim I KKN Undip di fokuskan untuk lebih mengenali lingkungan sekitar desa. Maka dari itu kegiatan yang pertama dilakukan adalah berkunjung ke balai Desa Munggangsari guna mengakrabkan diri dengan perangkat-perangkat desa. Pada hari yang bersamaan, diadakan kegiatan posyandu rutin oleh ibu-ibu PKK yang bekerjasama dengan puskesmas kecamatan di balai desa Munggangsari.

Pada hari selanjutnya mahasiswa Tim I KKN Undip mengikuti kegiatan rutin sore hari di desa Munggangsari yaitu kegiatan TPQ, kehadiran mahasiswa Tim I KKN Undip disambut antusias oleh anak-anak peserta TPQ. Tak disangka kehadiran mahasiswa Tim I KKN Undip telah ditunggu-tunggu oleh seluruh apisan masyarakat desa.

Pada hari berikutnya yaitu kamis (10/01) terjadi hujan lebat yang mengguyur seluruh desa Munggangsari yang berlangsung dari siang hari hingga sore hari. Akibat hujan ini bebatuan dan sampah-sampah yang berasal dari saluran air (selokan) di sekitaran desa tumpah ruah di jalanan desa. 

Hal ini terjadi bukannya dikarenakan hujan deras yang terjadi, melainkan disebabkan juga oleh pola hidup masyarakat sekitar desa yang sering membuang sampah di saluran air/selokan desa. Melihat hal ini para pemuda dan mahasiswa Tim I KKN Undip langsung bergerak cepat untuk membersihkan jalan seusai hujan reda, agar tidak terjadi hal yang dapat membahayakan keselamatan warga desa yang melintasi jalan desa.

Pada hari yang sama warga desa dengan rutin mengadakan kegiatan keagamaan yaitu yasinan setiap hari kamis. Kegiatan yasinan untuk ibu-ibu desa dimulai pukul 16.30 bertempat di rumah warga, tak lupa mahasiswi Tim I KKN Undip juga mengikuti kegiatan yasinan tersebut. 

Sedangkan bapak-bapak dan pemuda desa mengadakan kegiatan yasinan dimulai pukul 20.00. Sangat terasa sekali kekeluargaan dan kerukunan warga desa pada kegiatan yasinan tersebut, peserta KKN pun mendapat sambutan hangat oleh warga pada kegiatan hari itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x