Mohon tunggu...
Muna Laya
Muna Laya Mohon Tunggu... Raising our voices
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“All you have to do is write one true sentence. Write the truest sentence that you know.”

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perayaan Pesta Panen Perkuat Budaya Kabupaten Berau

31 Maret 2020   05:08 Diperbarui: 31 Maret 2020   05:16 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perayaan Pesta Panen Perkuat Budaya Kabupaten Berau
Berau PostBudaya Berau

Komunitas Desa Tembudan mengadakan perayaan Pesta Panen atau juga dikenal dengan Kusukan. Kegiatan ini mengangkat tema terkait komitmen atas penegakan tradisi di masa modernisasi ini.

Modernisasi, di sisi lain, pada dasarnya berarti mengubah sistem budaya menjadi mode baru. Maka dari itu, masyakarat adat Kabupaten Berau masih giat untuk melaksanakan upacara maupun adat istiadat yang telah turun temurun ada di Kabupaten Berau.

Perayaan tersebut dihadiri oleh beberapa perangkat daerah, Bupati Kabupaten Berau, Muharram beserta wakilnya, dan juga ketua DPRD, Syarifatul Syadiah yang tak ayal semakin dikenal dengan masyarakat karena isu pencalonannya sebagai wakil bupati.

Syarifatul Syadiah yang nantinya akan berpasangan menjadi calon wakil bupati Berau mendampingi Bupati Muharram menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan Pesta Panen (Kusukan) yang merupakan agenda tahunan di Kampung Tembudan. Menurutnya, tradisi masyarakat Kampung Tembudan harus dilestarikan karena ini merupakan entitas budaya adat masyarakat.

Perayaan Pesta Panen juga dapat menjadi sarana promosi budaya Kampung Tembudan yang kaya akan berbagai etnik budaya juga kuliner. Kegiatan ini juga merupakan bagian salah satu bagian dari promosi pariwisata dan budaya Berau.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x