Mohon tunggu...
Muna Laya
Muna Laya Mohon Tunggu... Raising our voices
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“All you have to do is write one true sentence. Write the truest sentence that you know.”

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pariwisata Diharapkan Menjadi Sumber Pendapatan Utama di Kabupaten Berau

29 Maret 2020   17:44 Diperbarui: 29 Maret 2020   17:47 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pariwisata Diharapkan Menjadi Sumber Pendapatan Utama di Kabupaten Berau
Dok. pribadi

Setelah jatuhnya harga batu bara, Bupati Berau, Muharram, khawatir akan kelangsungan hidup orang-orang di daerah itu. Alasannya, batu bara adalah sumber pendapatan utama untuk kabupaten ini di Kalimantan Timur. Sebagai daerah yang bergantung pada sektor pertambangan, 61% dari Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) berasal dari sektor pertambangan. Turunnya harga batubara telah mengakibatkan pemutusan hubungan kerja yang berdampak pada tingginya tingkat pengangguran. Selain itu, ini juga mempengaruhi anggaran kabupaten. Sebagai solusi, pemerintah daerah, khususnya bupati Muharram, telah mengintensifkan industri pariwisata.

Pariwisata diharapkan menjadi sumber pendapatan utama Berau, menggantikan industri pertambangan. Muharram menegaskan bahwa pemerintah daerah akan benar-benar menggarap industri pariwisata. Upaya pertama adalah mengadakan festival nasional dan internasional seperti di Raja Ampat, Papua Barat.

Selain itu, upaya yang dilakukan oleh Muharram adalah pengembangan pulau Maratua sebagai tujuan wisata utama di kabupaten Berau. Ia berharap nantinya Pulau Maratua bisa menjadi objek wisata kelas dunia. Pemerintah setempat bekerja sama dengan pemerintah Seychelles untuk mengembangkan rencana induk untuk pengembangan objek wisata Pulau Maratua.

Muharram berharap nantinya Pulau Maratua akan menarik bagi wisatawan dari Eropa dan Amerika seperti Seychelles. Pulau Maratua juga akan mengadopsi konsep yang diterapkan oleh Seychelles, yaitu dengan membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung untuk melestarikan alam setempat. Konsep objek wisata alam eksklusif ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi warga Kabupaten Berau.

VIDEO PILIHAN