Mohon tunggu...
Muna Laya
Muna Laya Mohon Tunggu... Raising our voices
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“All you have to do is write one true sentence. Write the truest sentence that you know.”

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Sejahterakan Masyarakat Kabupaten Berau dengan Akses Kelola Lahan

16 Maret 2020   22:53 Diperbarui: 16 Maret 2020   23:26 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejahterakan Masyarakat Kabupaten Berau dengan Akses Kelola Lahan
Niaga.Asia.

Pemerintah Kabupaten Berau dibawah instruksi Bupati H. Muharram melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengajak masyarakat untuk memiliki akses kelola hutan dan lahan yang luasnya hampir sebesar 75% daratan Indonesia, target 12,7 juta hektar akan diberikan pengelolaannya kepada masyarakat seperti yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Hasil hutan dapat dimanfaatkan sesuai prinsip kelestarian yang ramah lingkungan dan sejalan dengan nilai-nilai konservasi. Kesejahteraan masyarakat yang berada di dalam dan di sekitar kawasan hutan nantinya dapat meningkat.

Salah satu daerah yang cukup maju dalam mendukung program Perhutanan Sosial ini adalah Kabupaten Berau yang saat ini telah memiliki lima lokasi Hutan Desa. Salah satu Hutan Desa yang ada di Berau yang dikelola oleh Desa Merabu bahkan telah berhasil meraih penghargaan terbaik ke-II nasional dalam penghargaan Wana Lestari yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dengan adanya akses kelola hutan dan lahan, masyarakat diharapkan dapat menurunkan konflik sosial yang sering terjadi karena kurangnya akses terhadap sumber daya alam. Dengan adanya akses tersebut, diharapkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat seiring berjalannya waktu.

VIDEO PILIHAN