Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang penikmat penulis dan pemerhati terhadap isu yang sedang terjadi di luar

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kita Perlu Kereta Cepat ke IKN dan Luar Negeri

24 Oktober 2023   09:29 Diperbarui: 24 Oktober 2023   10:22 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Kereta Api (Dokpri)

Halo Sobat Railfans, Gimana Kabarnya nih ? siapa yang sudah mencoba naik Kereta Cepat tujuan Jakarta-Bandung ? Kecepatan yang dimiliki kereta ini bukan kaleng-kaleng nih, cuma 45 menit rute Jakarta-Bandung, dimulai dari Stasiun Halim dan mengakhiri perjalanannya di Stasiun Padalarang, selanjutnya dari Padalarang ke Kota Bandungnya kita harus menggunakan kereta feeder. Rencananya, kedepannya kereta cepat ini juga akan memperpanjang relasinya sampai ke Surabaya dengan melewati bandara Kertajati nih sobat Railfans. Untuk harga tiketnya sendiri terdiri saat ini lagi promo loh sebesar Rp 150.000 untuk semua kelas dari mulai 18 Oktober hingga 30 November 2023 lho, jadi sobat Railfans masih dapat menikmati tarif promo ini sebelum pelaksanaan tarif normalnya nih

Namun dibalik itu, aku justru berpendapat lain nih, kalau kata aku, konsentrasi kereta cepat seharusnya bukan dengan rute Jakarta-Bandung seharusnya sobat Railfans, Kereta Cepat seharusnya melakukan perjalanan dari Jakarta atau Pulau Jawa menuju ke Ibukota Nusantara (IKN), karena saat ini pemerintah Indonesia sedang merencanakan pemindahan pusat pemerintah dari Ibukota Jakarta, menuju ke Kalimantan Timur, perjalanan kesana tentu lewat jalan biasa dong, pasti kita harus menyebrangi lautan yang begitu luas untuk mencapai ibukota baru di Kalimantan. Nah, sejauh ini memang akses yang dapat kita lalui hanya dua cara,yakni lewat udara alias menggunakan pesawat, dan lewat laut menggunakan kapal. Melihat fenomena ini, aku jadi berpikir ulang, apakah kita tidak perlu adanya kereta api ? iya sih emang agak bahaya dan tidak memungkinkan kereta api melintasi daerah laut, tapi kalau lewat bawah laut gimana ya ? Kayaknya seru tuh.

Memang aku rasa sih kita perlu namanya kereta cepat ke IKN, karena selain menambah akses, juga sebagai bukti bahwa pembangunan di Indonesia seputar Kereta Api tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja, tapi juga merata di seluruh pulau yang ada dari Sabang sampai Merauke, sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat meraskan dan dapat menikmati kereta api yang ada di Indonesia. Bahkan dengan adanya kereta cepat ke IKN, diharapkan  dapat memudahkan mobilitas masyarakat nih sobat Railfans.

Tidak hanya sampai IKN saja nih Sobat Railfans, aku juga berharap Kereta Cepat juga ada yang melayani rute sampai ke negeri seberang, seperti ke Malaysia, Singapura, bahkan sampai ke Eropa. Kalau sampai itu terjadi, mungkin aku dan sobat railfans bisa aja nih jalan-jalan keluar negeri menggunakan si ular besi, tanpa harus merasakan perjalanan menggunakan pesawat dan kapal, karena mungkin saja ada dari kita yang sedikit mabuk menggunakan transportasi ini. Keberadaan kereta cepat ke berbagai belahan bumi manapun akan memudahkan dan mempercepat mobilitas masyarakat tentunya, dan kita tidak perlu khawatir, karena kita pasti akan disuguhi pemandangan yang indah dibawah laut. 

Bagi aku dan sobat Railfans saat ini adalah, kita harus bisa mempercepat adanya proyek kereta cepat untuk menuju ke IKN dan luar negeri, sehingga sobat Railfans juga dapat menambah wawasan juga tentunya dengan tetap bergerak dan berkegiatan menggunakan kereta api. Semoga wacana kereta cepat ini bukan hanya mimpi ya sobat Railfans. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun