Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online Tanya Jawab Seputar Info Guru

Berbagi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Jangan Harap Lolos Administrasi CPNS, Jika Ada Kesalahan Ini

13 Desember 2019   01:09 Diperbarui: 13 Desember 2019   11:12 393 1 0 Mohon Tunggu...
Jangan Harap Lolos Administrasi CPNS, Jika Ada Kesalahan Ini
Ilustrasi Lolos Administrasi

Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil belum bisa senyum lebar walaupun sudah mengetahui jumlah pelamar cpns performasi. Pelamar masih menunggu hasil verifikasi administrasi yang sampai saat ini belum diumumkan. Baru cpns kemenkumham yang mengumumkan hasil verifikasi administrasi.

Pertanyaannya, apakah ada yang tidak lolos administrasi? Banyak yang tidak lolos administrasi dengan berbagai alasan, ada yang salah memasukan nilai sekolah bisa menyebabkan gagal verifikasi administrasi.

Sebenarnya anda sendiri saat ini bisa memprediksi apakah anda lolos administrasi atau belum lolos administrasi. Bagaimana caranya?

Sumber: https://sscndaftar.bkn.go.id/resume
Sumber: https://sscndaftar.bkn.go.id/resume
Sebagai pelamar cpns 2019 anda pasti tahu tentang gambar diatas, syarat dokumen yang diupload saat pendaftaran cpns 2019. Anda coba teliti lagi walaupun sudah telat, sudah benarkah isinya? Jika ada yang salah posisi kolom saat upload, bisa jadi gagak verifikasi administrasi nich kawan hehehe.

Kelihatannya memang sepele saat melakukan pendaftaran dan baru bisa disadari saat sudah gagal administrasi. Betapa pentingnya membaca petunjuk saat melakukan sesuatu, memang budaya kita kurang membaca.

Hal lain yang bisa membuat anda gagal adalah (pengalaman cpns 2018) surat lamaran tidak ditanda tangani, scan terlalu kecil dan buram sehingga tidak bisa dibaca. Salah upload ijasah yang di upload akta mengajar.

Prodi ijasah tidak sama dengan formasi yang dituju juga menyebabkan gagal administrasi. Status akreditasi yang diupload tidak sesuai pada waktu lulus juga bisa menyebabkan gagal serta nilai akreditasi dan IPK tidak memenuhi syarat cpns 2019.

Hal lucu yang bisa menggagalkan administrasi adalah tentang surat lamaran. Pada satu instansi sudah memberikan contoh format surat lamaran, ternyata pelamar membuat surat lamaran dengan format yang berbeda.

Misalnya surat lamaran di tujukan pada Bupati, ternyata membuat format sendiri dengan ditujukan kepada Kepala Dinas. Itu adalaj contoh 2018 yang bisa menggagalkan verifikasi administrasi, semoga tahun 2019 banyak yang lolos verifikasi administrasinya..Amin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x