Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online Tanya Jawab Seputar Info Guru

Berbagi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Karir

Trik dan Tips Setelah Tahu Jumlah Pesaing CPNS 2019

10 Desember 2019   23:54 Diperbarui: 11 Desember 2019   00:31 435 0 0 Mohon Tunggu...
Trik dan Tips Setelah Tahu Jumlah Pesaing CPNS 2019
Sumber: screenshoot sscn.bkn

Peserta cpns 2019 menunggu hasil administrasi dan jumlah pendaftar performasi agar bisa memprediksi berapa kompetitornya cpns 2019. Besok 11 Desemeber 2019 pukul 10 calon peserta bisa melihat jumlah peserta performasi di laman sscn bkn seperti gambar diatas.

Lalu apa yang kamu bisa lakukan setelah mengetahui jumlah peserta performasi inj. Jangan down ya, atau patah semangat karena pesaingmu sangat banyak.

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat pertama kali melihat jumlahnya adalah tarik napas dalam-dalam dan lepaskan, buat lebih tenang walaupun kenyataannya pesaingmu sedikit atau banyak. Nyantai saja kawan, pesaing sedikit maupun banyak kamu tetap harus melewati batas passing grade yang telah dipersyaratkan.

Kedua tetap pertahankan semangat kamu untuk mengikuti tes cpns 2019 ini. Jangan down sebelum perang, tetap belajar mencari referensi dan kisi-kisi untuk belajar. Mencari pengalaman pada peserta tes cpns 2018 yang berhasil lolos karena pengalaman adalah guru yang sangat berharga.

Ketiga ini adalah hal yang jarang dilakukan calon peserta tes cpns, yaitu ikut les bimbingangan belajar tes cpns dan try out. Hal ini memang dianggap sangat sepele akan tetapu manfaatnya sangat banyak sekali. Misalnya ikut les bimbel, ini untuk materi Tes Karakteristik Pribadi dan Tes Intelgensi Umum, karena materi ini sulit dipelajari secara mandiri. Begitu juga ikut try out tes cpns ini agar kita mudah mengoperasikan komputer dan cara menjawabnya. Minimal kita sudah pernah mencobanya dan kita bisa mengukur kemampuan kita.

Terakhir minta doa kepada orang tua agar sukses dalam mengerjakan tes cpns 2019 dan berhasil lolos passing grade. Doa dan izin orang tua sangat manjur dan barokah bagi kita untuk mendoakan kita meraih cita-cita kita termasuk daftar cpns 2019 ini.

Baca juga Indonesia Kalah 0:3 dengan Vietnam

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x