Mohon tunggu...
Mukmin
Mukmin Mohon Tunggu... Jurnalis - Travelling | Olahraga | Membaca | Menulis

Selalu bersyukur, berjuang, dan tetap optimis maju ke depan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gempa Cianjur, Senkom Rescue bersama Warga Cari Korban yang Hilang

24 November 2022   10:02 Diperbarui: 24 November 2022   10:15 100 2 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Relawan Senkom Rescue melakukan pencarian warga yang hilang akibat gempa di Cugenang, Cianjur. Dokpri.

Anggota Senkom Mitra Polri Rescue dibantu masyarakat mencari keberadaan warga masih yang tertibum material longsor dan bangunan yang ambruk akibat gempa bumi di Desa Cijendil, Kecamatan Cuggenang, Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022.

"Medan yang sulit serta alat yang terbatas dan kurang mendukung menjadi kendala bagi kami saat melakukan pencarian," ujar salah seorang anggota Senkom Rescue, Asep Uyong, Rabu (23/11).

Tim Senkom rescue beserta warga sekitar terus mencari korban yang tertimbun reruntuhan rumah meski menggunakan peralatan seadanya seperti cangkul dan golok. Bahkan tidak sedikit dari mereka melakukan pencarian korban dengan tangan kosong.

"Untuk pagi ini kami mencari korban, karena di lokasi ini kemungkinan masih banyak korban yang tertimbun dan alat berat pun belum bisa masuk di area ini dan kita relawan dengan kekuatan yang ada saja dulu." katanya.

Senkom Mitra Polri Rescue. Dokpri.
Senkom Mitra Polri Rescue. Dokpri.

Puluhan rumah warga di Kecamatan Cugenang rusak berat terkena longsor akibat guncangan gempa bumi. Kecamatan Cugenang termasuk salah satu kawasan yang mengalami kerusakan terparah, pasalnya kawasan itu, berdasarkan data merupakan pusat gempa.

Berdasarkan data resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, disebutkan ada 22.198 rumah yang rusak, dengan 12 ribu di antaranya rusak parah.

Korban jiwa saat ini tercatat mencapai 271 orang, 40 orang berstatus dalam pencarian dan 39 diantaranya merupakan warga Kecamatan Cugenang, sedangkan satu orang warga Kecamatan Warungkondang. Sementara, korban luka-luka menjadi 2.043 orang.

Adapun 12 kecamatan yang terdampak bencana adalah Kecamatan Cugenang, Pacet, Sukaresmi, Sukaluyu, Karangtengah, Cianjur, Cilaku, Warungkondang, Gekbrong, Cibeber, Bojongpicung, dan Cikalongkulon.

Dari 12 kecamatan tersebut, Kecamatan Cugenang menjadi daerah yang mengalami dampak paling parah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan