Mohon tunggu...
Muis Sunarya
Muis Sunarya Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis tentang filsafat, agama, dan budaya

filsafat, agama, dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Kecele, Dengar Lagu "Berjuang di Tengah Wabah" Budi Cilok Berasa Suara Iwan Fals

23 Juni 2020   00:14 Diperbarui: 23 Juni 2020   18:05 2118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Budi Cilok bernyanyi bareng Iwan Fals | okezone.com

Hari ini, saya tak sengaja membaca cuitan Haidar Bagir--Presiden Direktur Penerbit Mizan, penulis, pendiri Sekolah Lazuardi Hayati, aktivis Islam Cinta, dan RAK (Random Act of Kindness)--di akun twitter-nya tentang video klip lagu berjudul "Berjuang di Tengah Wabah " yang ditengarai sebagai suara Iwan Fals.

Dalam cuitannya, ia mengajak warganet untuk perlunya mendengar lagu ini dengan telinga dan hati. Karena lagu berjudul "Berjuang di Tengah Wabah " ini memang sarat pesan dan makna dalam menyikapi wabah pandemi Covid-19.

Ada pesan sosial dan kemanusiaan. Pesan agar kita tidak boleh acuh, jaga jarak, jaga diri, dan tidak menyepelekan virus corona ini, karena nyawa taruhannya. Tetap berbagi, sebarkan kebaikan, berempati, dan memberi bantuan sosial dan kemanusiaan bagi korban efek domino wabah corona ini. Baik itu dari sisi kesehatan, psikologi, sosial, budaya, juga ekonomi.

Saya memang penasaran. Sontak saya buka video itu, dan dengarkan. Sekilas suara itu adalah suara khas Iwan Fals. Awalnya saya tak menaruh curiga. Saya pun percaya, dan menikmatinya, bahwa itu adalah lagu terbaru Iwan Fals. Bagus liriknya, dan saya suka. 

Tapi tiba-tiba, karena terus terang saya memang penggemar Iwan Fals, dan follower media sosialnya selama ini, saya dihinggapi rasa ragu.

Jadi saya hampir selalu up date tentang Iwan Fals. Dalam benak, saya bertanya, benarkah Iwan Fals merilis singel baru yang berkaitan dengan wabah pandemi covid-19?

Akhirnya, saya cari tahu tentang video itu di YouTube. Ketemu, ternyata itu bukan suara Iwan Fals. Tapi suara yang mirip persis suara Iwan Fals. Pelantunnya adalah Budi Cilok.

Setelah itu, saya reply cuitan akun dengan nama "Islam Cinta", milik Haidar Bagir yang dikelola bersama admin, dengan maksud, saya memberikan koreksi atas cuitannya. 

Gayung bersambut, segera respons tawadu' (rendah hati) Haidar Bagir menulis permohonan maaf, dengan tanpa mengurangi apresiasi terhadap pelantun asli lagu itu, Budi Cilok, yang memang mirip suaranya, dan genrenya dengan Iwan Fals, sekaligus sebagai koreksi atas kekeliruan cuitan awal.

Jujur saya pun tidak pernah tahu, dan kenal dengan penyanyi bernama Budi Cilok ini. Dari namanya saja, saya baru tahu. Siapa gerangan yang kalau sekilas mendengar suaranya akan terkecoh, dan kecele, karena serasa mendengar suara Iwan Fals. Saking miripnya.

Coba saja dengarkan. Kalau hanya mendengar suaranya, tanpa melihat orangnya, kita akan mengira, bahwa itu suara Iwan Fals. Padahal ternyata itu suara Budi Cilok, yang sering dijuluki oleh warganet sebagai Iwan Fals KW itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun