Mohon tunggu...
Muhyi Irmawan
Muhyi Irmawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sederhana Saja

ikuti arus dimana air mengalir tapi jangan sampai tenggelam

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Mas Dhito Kok Suka Makan Tiwul

30 November 2021   16:27 Diperbarui: 30 November 2021   16:53 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosok Mas Dhito yang ternyata suka makan tiwul/dok Mas Dhito 

Tiwul hadir sebagai solusi pengganti beras jika tak bisa terbeli. Ini terjadi ketika masa penjajahan Jepang, masyarakat Indonesia tak mampu membeli beras.

Percayakah, seorang Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono atau yang akrap disapa Mas Dhito itu gemar sekali makan tiwul?

Terlihat di berbagai kegiatan, dirinya memborong jajanan berbahan dasar singkong ini. Bahkan, beberapa kali saat blusukan, dia tak sungkan mengeluarkan olahan tiwul yang ia bawa dari rumah.

Hal ini mencuat jauh sebelum dirinya dilantik menjadi Bupati. Saat kampanye, Mas Dhito kerap kali mengadakan kuis mengenai Kabupaten Kediri dan melontarkan pertanyaan kepada masyarakat apa makanan favoritnya.

"Siapa yang tahu, apa makanan favorit saya?" tanya Mas Dhito kepada warga.

Mendengar pertanyaan tersebut, warga antusias menjawab. Namun, banyak yang kurang tahu apa makanan favoritnya. Ada yang jawab sate, soto, hingga spageti.

Ketika Mas Dhito memberikan jawaban dari pertanyaannya yang ia lontarkan sendiri, "Bukan sate buk, pak, saya itu suka makan tiwul," Ujarnya.

sontak, warga saling berhadapan karena terheran dengan makanan favorit seorang calon bupati pada saat itu. "Masak Calon Bupati makan tiwul?" bisik warga.

Waktu berlalu, setelah setahun ia menjabat sebagai Bupati Kediri, kabar mengenai makanan favoritnya itu menjadi rahasia umum. Banyak warga tahu mengenai hal ini.

Lantas apa yang membuat seorang Mas Dhito sangat menyukai makanan tradisional itu?

Dari segi kandungannya, tiwul yang berbahan dasar ini juga mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, selain itu dengan bahan dasar singkong ini, bisa didapatkan kandungan lain seperti Vitamin C, Kalsium, zat besi, dan protein. selain itu, tiwul ini juga dapat diolah dengan berbagai varian. seperti Nasi Goreng Tiwul (Nagoti) yang biasa diolah di Kabupaten Kediri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan