Mohon tunggu...
Muhlis Lamuru
Muhlis Lamuru Mohon Tunggu... Guru - Penting tak Penting

Lahir di sebuah Dusun terpencil di Kab. Bone, Sulawesi-Selatan. Namanya, Dusun Masumpu, Des. Massengrengpu, Kec Lamuru. Dusun tersebut baru dialiri listrik PLN pada pertengahan tahun 1999. Muhlis Lamuru menghabiskan masa kecil di Kampung halaman dan bersekolah di MI 43 Pising (Masumpu) dan SLTP di Kecamatan sebelum hijrah ke Kota Makassar melanjutkan pendidikan menengah. Sejak 2004 hijrah ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan Tinggi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dan, tahun 2010 mencoba mengadu nasib n memulai hidup baru di Ibu Kota Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

UNRAM Wisuda 2583 Lulusan Baru, Lulusan Terbaik Akan Dibantu Raih Beasiswa

25 Oktober 2016   08:19 Diperbarui: 25 Oktober 2016   08:50 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
UNRAM Wisuda 2583 Lulusan Baru, Lulusan Terbaik Akan Dibantu Raih Beasiswa
Prosesi Wisuda Universitas Mataram, 24 Oktober 2016

Universitas Mataram kembali berhasil meluluskan 2583 wisudawan baru dari program D3, sarjana, dan pascasarjana. Berbeda dengan biasanya, prosesi wisuda kali ini digelar selama tiga hari berturut-turut di Gedung Audiotorium Universitas Mataram. 864 lulusan diwisuda pada Senin, 23 Oktober 2016. Selanjutnya, 861 lulusan diwisuda pada 24 Oktober 2016 dan 858 akan diwisuda pada 26 Oktober 2016.

Akhmad Ripai Subroto yang berhasil menjadi lulusan terbaik pada wisuda periode ini menjelaskan rahasia kesuksesannya menempuh program pascasarjana di Universitas Mataram. “saat belajar harus fokus, fokus terhadap apa yang sedang dipelajari, jauhkan pikiran-pikiran yang lain dan juga harus benar-benar pintar dan disiplin saat membagi waktu, waktu untuk belajar, bersama keluarga dan lainnya“ ujar peraih IPK 3,96 itu. Subroto menyelesaikan program pascasarjana jurusan pendidikan bahasa Inggris dalam waktu dua tahun.

Lain halnya Wilawati Alya, ia berhasil meraih sarjana di Fakultas Peternakan Universitas Mataram berkat dorongan dari orang tuanya. “Ibarat obat saya selalu ditelpon, disemangati tiga kali sehari oleh orang tua saya “ kata gadis cantik kelahiran Sulawesi  ini. Selain itu, ia mengaku selalu menyiapkan materi jauh-jauh hari sebelum ujian. “Jadi tidak pakai sistem sks yang kebut semalam ya,” tegasnya seraya menjelaskan cara dia menghadapi ujian. Wilawati Alya termasuk dari 13 lulusan terbaik Universitas Mataram.

Lulusan terbaik dari masing-masing fakultas yaitu Akhmad Ripai Subroto (Program Pascasarjana), Pandu Tridana Sakti (Kedokteran Profesi), Pandu Putera Anugerah (S1 Kedokteran), I Gusti Ayu Putri Oktari (S1 Ekonomi), Saufiah (S1 Hukum), Samsul Rahman (S1 Teknik), Nurrahmani (S1 Pertanian), Wilawati Alya (S1 Peternakan), Muhammad Akiluddin (D3 Peternakan), Wika Wahyuni (S1 FKIP), I Gusti Made Aryama Jelantik (S1 MIFA), Diana Hikmah Hayati (S1 Fatepa), Andika Gumilang Kushayadi (S1 Ps. Budidaya Perairan).

Rektor Universitas Mataram Prof. Ir. Sunarpi, Ph.D berharap mutu lulusan Universitas Mataram bisa semakin meningkat. “Dia harus mampu berdaya saing, bersaing di era globalisasi paling tidak di Kawasan Asia Tenggara, dengan demikian mudah-mudahan alumni-alumni yang akan kita lepas pada wisuda bulan Oktober ini mampu berkonstribusi buat pembangunan daerah Nusa Tenggara Barat atau Indonesia pada umumnya,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya 20 Oktober 2016.

Prof. Narpi menjelaskan, lulusan terbaik atau mereka yang memperoleh predikat cumlaude akan diberikan perlakuan khusus jika mereka ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. “Kita membebaskan masuk di megister-megister yang sudah ada di Universitas Mataram,” tegasnya. Tidak hanya itu, Ia juga berjanji untuk membantu mereka mendapatkan beasiswa. “kita juga menyiapkan rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa di dalam dan luar negeri melalui LPDP,” imbuhnya.

Mohon tunggu...
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan