Mohon tunggu...
Muh Iqbaal
Muh Iqbaal Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pengenalan Manfaat Tanaman Toga dari KKN UM 2018 di Desa Sumbersekar

30 Juni 2018   03:22 Diperbarui: 30 Juni 2018   03:36 2660 0 0 Mohon Tunggu...

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu matakuliah yang diprogamkan bagi mahasiswa yang bertujuan untuk melatih dan membekali mahasiswa menerapkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dalam kehidupan di masyarakat. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat membantu memecahkan berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat. Tujuan diadakannya KKN adalah sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menjalankan fungsi pengabdian secara nyata yang ditujukan kepada masyarakat sekitar. Salah satu program kerja yang tim KKN lakukan adalah penanaman dan pengolahan tanaman obat keluarga di Dusun Precet.

Tanaman obat keluarga (TOGA)  merupakan tanaman yang bisa ditanam atau dibudidayakan di pekarangan rumah dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional. Seiring berjalannya waktu dimana obat-obatan mahal untuk dibeli, masyarakat terdorong kembali menggunakan obat-obat tradisional yang boleh dikatakan bebas dari komponen bahan-bahan kimia yang memungkinkan dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. 

Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Sebenarnya menanam tanaman obat keluarga (TOGA) adalah pola hidup yang sederhana, yaitu dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat dalam kehidupan misalnya brotowali, kumis kucing, mahkota dewa, daun sirih, pecut kuda, cabe jamu yang bisa dijadikan sebagai obat herbal, karena setiap tumbuhan tersebut mempunyai manfaat tersendiri untuk mengobati penyakit tertentu.

Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian ilmu kesehatan yang dapat kami lakukan di dalam rangkaian proses Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan ini penting dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memanfaatkan tanaman-tanaman obat yang ada disekitar untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia.

Dokpri
Dokpri
Pengenanalan tanaman obat keluarga (TOGA) sendiri bertempat di Balai Dusun Precet, Sumbersekar yang dilakukan oleh Tim KKN. Kegiatan ini diikuti oleh Ibu-ibu PKK Dusun Precet yang berjumlah sekitar 30 orang. Hasil yang dicapai yaitu pengenalan apa saja tanaman obat , bagaimana cara pengolahan tanaman obat serta khasiat apa saja dikandungan tanaman obat itu sendiri seperti tanaman brotowali bisa menyembuhkan penyakit malaria, kumis kucing bisa menyembuhkan rematik , mahkota dewa bisa mengobati tekanan darah tinggi dan sebagainya.

Dokpri
Dokpri
Tak hanya itu Tim KKN memberi tanaman obat yang jarang ditemui disekitar lingkungan yang sudah ditaman dan sudah mulai tumbuh  seperti brotowali, kumis kucing, mahkota dewa, pecut kuda serta cabe jamu. Pemberian tanaman obat ini diikuti dengan penempelan papan nama disertai manfaat setiap jenis tanaman obat dan pupuk untuk kesuburan tanaman obat tersebut. Tindak lanjutnya, pelaksanaan kegiatan ini mengharapkan bahwa warga Dusun Precet dapat menjadikan tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari.

VIDEO PILIHAN