Live streaming TikTok adalah salah satu fitur yang ada di apliksi TikTok yang mana memungkinkan pengguna TikTok menyiarkan aktivitas yang sedang dilakukan secara langsung dalam waktu nyata pada aplikasi TikTok. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pengguna berinteraksi secara langsung dengan penonton baik pengikut maupun bukan.
Syarat utama yang harus dimiliki untuk melalukan live streaming di aplikasi Tiktok adalah setiap akun Tiktok memiliki minimal 500 pengikut dan harus berusia diatas 18 tahun. Jika akun Tiktok tidak memenuhi persyaratan pasti tidak bisa melalukan live streaming.
Pengalaman melakukan live streaming, pada saat live streaming dapat menghasilkan atau mendapatkan uang dari para penonton yakni melalui gift atau hadiah yang diberikan, misalnya hadiah mawar, koin, paus, kalung, singa dan masih banyak lagi. Setiap item hadiah yang diberikan dapat dikonversi menjadi rupiah.
Selain bisa mendapatkan hadiah, live streaming juga sering digunakan untuk menjual produk tertentu, apalagi dengan adanya fitur keranjang kuning yang memudahkan penjual menempatkan produk dagangannya dan memudahkan pembeli melakukan pembelian. Dengan penonton yang sangat banyak pasti dalam penjualan mendapatkan omset yang banyak juga.
Adapun berbagai manfaat saat live streaming di aplikasi Tiktok sebagai berikut:
1. Mudahnya berinteraksi dengan para penonton sebagaimana yang diketahui bahwa fitur live streaming menayangkan aktivitas yang Anda lakukan saat ini secara langsung sehingga saat berjualan penjual akan lebih mudah berbicara dan menjawab pertanyaan dari setiap penontonnya.
2. Mudah saat proses penjualan produknya. Hal ini karena live streaming TikTok didukung dengan fitur keranjang kuning atau berfungsi sebagai etalase sehingga pembeli bisa mengetahui produk mana yang sedang penjual jelaskan dan di mana mereka bisa membelinya.
3. Penjual bisa meyakinkan calon pembeli dengan lebih mudah. hal ini berkaitan dengan poin pertama. Karena kemudahan penjual berinteraksi dengan pembeli sehingga ia bisa meyakinkan pembeli layaknya sedang bertatap muka secara langsung.
4. Meningkatkan brand awareness atau pengakuan konsumen terhadap brand yang dimiliki penjual. Hal ini akan mempengaruhi keinginan konsumen membeli produk yang ditawarkan penjual untuk pertama kalinya. Selain itu, brand awareness pun akan membuat konsumen setia dan membeli lagi produk yang ditawarkan.
5. Penjual lebih mudah menjangkau penonton. hal ini karena saat penjual melakukan siaran langsung, video penjual akan muncul di berAnda pengguna lain bahkan jika orang tersebut bukan pengikut penjual. Hal ini membuat penjual bisa ditemukan oleh lebih banyak penonton tak terbatas pada pengikutnya saja.
Â