Mohon tunggu...
MUH IHSAN PATAU
MUH IHSAN PATAU Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya berprofesi sebagai mahasiswa di Universitas Halu Oleh Kendari
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya memiliki hobi membuat kanten atau artikel yang menarik untuk di upload di media sosial

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Perbedaan Platform Kompasiana Dengan Platform Lain

8 November 2023   13:42 Diperbarui: 8 November 2023   13:46 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

# Perbedaan Kompasiana dengan Platform Blog Artikel LainnyaDi era digital saat ini, menulis artikel menjadi semakin mudah dan dapat diakses oleh semua orang. Ada banyak platform yang memungkinkan individu untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, atau pemikiran mereka dalam bentuk blog artikel. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Kompasiana dan platform blog artikel lainnya.

## 1. Kurasi dan Publikasi

Salah satu perbedaan utama antara Kompasiana dan platform blog artikel lainnya adalah pendekatan terhadap kurasi dan publikasi konten. Kompasiana adalah platform yang terkait dengan media besar, Kompas, yang melakukan kurasi ketat terhadap artikel yang diunggah. Artikel yang akan dipublikasikan di Kompasiana harus melewati proses evaluasi yang ketat. Di sisi lain, platform blog independen seperti WordPress atau Medium memberikan otonomi penuh kepada penulis untuk mempublikasikan artikel mereka tanpa proses kurasi ketat.

## 2. Audiens dan Jangkauan

Kompasiana memiliki audiens yang sudah mapan dan luas karena keterkaitannya dengan Kompas, salah satu media terkemuka di Indonesia. Ini berarti artikel di Kompasiana dapat mencapai lebih banyak pembaca potensial secara instan. Di sisi lain, blog independen memerlukan upaya lebih besar untuk membangun audiens Anda sendiri dan biasanya memiliki jangkauan yang lebih terbatas pada awalnya.

## 3. Kebebasan Format

Platform blog independen seperti WordPress memberikan lebih banyak kebebasan dalam hal format dan desain artikel. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas situs sesuai keinginan Anda. Di Kompasiana, Anda terbatas pada format dan tampilan yang telah ditentukan oleh platform.

## 4. Penghasilan

Salah satu perbedaan signifikan lainnya adalah cara penulis memperoleh penghasilan. Di Kompasiana, Anda dapat memperoleh penghasilan melalui program iReport dan beberapa mekanisme lainnya yang terkait dengan Kompas. Di platform blog independen, Anda lebih bebas untuk menjalankan monetisasi melalui iklan, penjualan produk, atau metode lain yang Anda pilih.

## 5. Konteks dan Tujuan

Kompasiana sering digunakan oleh penulis yang ingin berbagi pemikiran dan pengalaman dengan audiens yang lebih luas dan berpotensi mencapai perhatian media. Di sisi lain, blog independen cenderung digunakan oleh penulis yang ingin menjalani hobi menulis atau membangun merek pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun