Mohon tunggu...
Muhammad Arif Wibowo
Muhammad Arif Wibowo Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru, lulusan Universitas Negeri Yogyakarta

Mengajar di salah satu SMA Swasta Kab. Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Diary

Menumbuhkan Kreativitas Itu Sulit?

15 Mei 2024   23:27 Diperbarui: 16 Mei 2024   09:18 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Saya barangkali adalah orang yang tidak memiliki kreativitas. Bagi saya menjadi kreatif itu sangat sulit. Seperti menulis, satu hal paling sederhana dalam berekspresi, bagi saya juga sulit.

Hari ini, pukul 22.48 WIB pada tanggal 15 Mei 2024, saya tidak bisa tidur. Sudah berulangkali membuka Instagram, WA, Youtube, dan Tokocrypto secara bergantian tapi tidak menarik hati. Saya iseng buka laptop. Kebiasaan saya setelah membuka laptop adalah membuka Microsoft Edge. Di sana terpampang-berita Sepak bola-Shin Tae Yong- Liga Eropa; selebriti yang cerai dan yang menikah, dan sedikit politik yang juga tidak menarik.

Rasa kantuk belum juga muncul. Akhirnya, saya membuka Kompasiana. Saya punya akun usang yang lama tidak diurus. Melihat beragam tulisan di Kompasiana, saya jadi ingin menulis. Akhirnya, saya memutuskan untuk menulis.

Saya mencoba menulis, iseng-iseng seperti ini, tulisan ini, berat sekali karena lama tidak menulis. Saya lihat istri dan anak saya, masih tertidur. Saya lihat waktu, menunjukkan pukul 23.17 WIB. Astaga! Sudah hampir tengah malam.

Saya tidak tahu lagi ingin menulis apa. Menjadi kreatif memang sulit. Sepertinya memang perlu rutinitas khusus atau waktu khusus untuk menulis. Saya kadang suka berpikir, bisakah saya menjadi kreatif? Waktu sudah pukul 23.23 WIB. Batrai laptop sudah nyaris habis. Tulisan hanya sampai sini. Amatir sekali!


Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun