Mohon tunggu...
Zainuddin El Zamid
Zainuddin El Zamid Mohon Tunggu... Dosen - Pendidik

Menulis apa saja yang ingin ditulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tiga Golongan yang Doanya Sulit Dikabulkan

31 Mei 2024   11:27 Diperbarui: 31 Mei 2024   11:28 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam mengarungi kehidupan ini, doa merupakan salah satu sarana spiritual yang sering kita andalkan untuk mencapai ketenangan atau memohon sesuatu yang kita dambakan. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa menghalangi doa kita untuk sampai kepada Sang Pencipta.

Kitab Tanbihul Ghafilin mencatat tiga golongan yang doanya sulit dikabulkan, yang masing-masing memiliki implikasi mendalam dalam konteks sosial dan spiritual kita saat ini.

"Tiga orang yang doanya tidak akan dikabulkan: orang yang makan harta haram, orang yang banyak menggunjing, dan orang yang dalam hatinya terdapat kebencian atau iri hati terhadap sesama Muslim"

1. Orang yang Makan Harta Haram

Harta haram bukan hanya merujuk pada uang yang diperoleh dari cara yang tidak sah seperti korupsi atau pencurian, tetapi juga uang yang diperoleh dari pekerjaan yang merugikan banyak orang atau merusak lingkungan.

Dalam konteks modern, ini bisa meliputi praktik bisnis yang tidak etis atau eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan.

Menurut sebuah studi oleh Transparency International pada tahun 2021, korupsi besar-besaran berdampak pada efisiensi dan distribusi sumber daya ekonomi suatu negara, sering kali meninggalkan masyarakat miskin semakin terpuruk.

Di sini, kita melihat bagaimana konsumsi harta haram tidak hanya merugikan secara material tetapi juga spiritual, sebab menghalangi doa seseorang untuk dikabulkan.

2. Orang yang Banyak Menggunjing

Ghibah, atau menggunjing, adalah tindakan berbicara tentang keburukan orang lain di belakang mereka, yang tidak hanya merusak karakter seseorang tetapi juga merenggangkan ikatan sosial. Dalam era media sosial, fenomena ini semakin marak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania menunjukkan bahwa media sosial secara signifikan meningkatkan perilaku menggunjing, yang tidak hanya mempengaruhi reputasi seseorang tetapi juga kesejahteraan emosional mereka.

Dalam konteks spiritual, menggunjing mencerminkan hati yang belum bersih, yang sibuk mengurusi aib orang lain daripada introspeksi dan perbaikan diri. Doa dari mulut yang sama yang digunakan untuk menggunjing, sulit untuk memiliki kekuatan spiritual yang murni untuk mencapai derajat yang lebih tinggi di hadapan Allah.

3. Orang yang Memiliki Kebencian atau Iri Hati Terhadap Sesama Muslim

Kebencian atau iri hati, terutama terhadap sesama muslim, merupakan salah satu penyakit hati yang paling merusak. Penyakit hati ini tidak hanya menghalangi pertumbuhan spiritual seseorang tetapi juga meracuni hubungan sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun