Mohon tunggu...
Muhammad zundullah
Muhammad zundullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mahsiswa UAD

1 April 2021   20:50 Diperbarui: 1 April 2021   20:57 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Saya sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Ahmad Dahlan akan menceritakan pengalaman pribadi saya dalam menggunakan media konvensional (conventional media) dan media baru (new media), serta perbedaan yang mencolok diantara keduanya.

Di era modern ini, informasi telah menjadi kebutuhan pokok yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat. Upaya yang dapat dilakukan supaya kebutuhan akan informasi tersebut dapat terpenuhi, yaitu dengan cara menggunakan media massa itu sendiri sebagai instrumen untuk memperoleh informasi. Media massa merupakan alat yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada khalayak umum secara luas mengenai berbagai hal yang sedang terjadi di dunia.

Berbagai jenis media konvensional yang pernah saya gunakan, diantaranya ada surat kabar. Surat kabar merupakan salah satu bentuk media massa yang dicetak pada kertas buram berukuran besar atau biasa disebut dengan koran, didalamnya berisi berita-berita terkini yang dirangkum dalam berbagai topik bahasan yang menarik.

Ketika itu saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, setiap seminggu sekali terdapat kurir yang rutin  mengirimkan surat kabar ke rumah saya. Ketika surat kabar itu pun tiba, saya tidak sabar untuk membukanya mulai dari bagian per bagian di setiap sisi koran tersebut hingga akhirnya menemukan sesuatu hal yang menarik perhatian saya, seperti potongan cerita bergambar dan juga teka teki silang atau yang dikenal dengan sebutan TTS.

Berbeda dengan orang tua saya yang lebih memilih membaca berita mengenai informasi-informasi terkini seputar kehidupan sekitar seperti kenaikan bahan bakar minyak atau yang biasa dikernal dengan sebutan BBM, berita kebakaran, kejahatan, kecelakaan, bencana alam, dan lain sebagainya.

Adapun juga didalamnya tersisipkan kolom iklan seperti iklan penjualan rumah, anak hilang, iklan produk, dan lain sebagainya. Kolom iklan dapat digunakan sebagai media promosi iklan yang sangat efektif, dengan adanya pemasangan iklan bergambar bahkan berwarna akan sangat ampuh untuk menarik perhatian penikmat koran.

Jenis media konvensional selanjutnya yang pernah saya gunakan adalah radio. Radio merupakan salah satu jenis media massa yang berperan untuk menyampaikan pesan dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik, gelombang yang dihasilkan melintas dan merambat melalui udara. Radio dapat diakses secara mudah, didalamnya berisikan sebuah berita, informasi maupun hiburan kepada masyarakat dengan jangkaun yang luas.

Dengan sifatnya yang auditori (untuk didengar) musik memegang peranan yang sangat penting karena pesan disampaikan dengan diiringi sebuah musik supaya dapat membangun suasana.

Saya mulai menggunakan radio saat menempuh pendidikan di Sekolah Dasar, biasanya saya menggunakan radio untuk mendengarkan musik. Radio selalu dihidupkan saat pagi hari hingga menjelang malam hari biasa digunakan untuk menemani aktivitas dalam kehidupan sehari-hari seperti saat ibu memasak, mencuci, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Radio sangat membantu dalam proses penyampaian informasi maupun sebagai hiburan karena hanya dengan mendengarkan kita dapat berimajinasi secara bebas.

Jenis media konvensional yang terakihir yang pernah saya gunakan adalah kaset. Kaset merupakan media penyimpanan data yang umumnya berupa lagu. Ketika saya menempuh jenjang pendidikan Sekolah Dasar saya suka mengoleksi kaset-kaset lagu dari penyanyi yang saya gemari pada masa itu, dan saya senang mendengarkannya sampai diputar berkali-kali. Adanya kaset dapat mempermudah kita dalam mendengarkan musik karena tidak perlu menunggu siaran lagu yang kita sukai terputar di radio, melainkan kita dapat langsung memutar lagu tersebut kapanpun kita ingin mendengarkannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, media massa terus berkembang hingga menghadirkan adanya media baru, seperti internet. Hal itu menimbulkan persoalan terhadap eksistensi media konvensional, sehingga pengguna media tradisional perlahan mulai beralih ke media elektronik. New media merupakan gabungan dari seluruh media tradisional, dengan adanya bantuan internet kita dapat mengakses berita melalui platform-platform media baik kapanpun dan dimanapun kita berada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun