Mohon tunggu...
Muhammad YazidAhnaf
Muhammad YazidAhnaf Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Sultan Agung Semarang

olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia dan Solusinya

29 September 2022   15:06 Diperbarui: 29 September 2022   15:10 1597 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia termasuk negara dengan jumlah penduduk yang tinggi dan tidak semua penduduknya termasuk dalam kelompok pekerja. Tingkat pengangguran yang tinggi dan tidak semua penduduknya termasuk dalam kelompok pekerja. 

Tingkat pengangguran yang tinggi membuat semakin dibutuhkannya lapangan pekerjaan. Dengan adanya pekerjaan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan bekerja berarti berkontribusi dalam pendapatan nasional negara. Kebutuhan akan lapangan pekerjaan yang tinggi merupakan salah satu masalah ketenagakerjaan.

Permasalahan terkait ketenagakerjaan

1. Mutu Tenaga Kerja yang relatif rendah

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya mutu tenaga kerja di Indonesia adalah tingkat pendidikan. Rendahnya tingkat pendidikan dapat menyebabkan minimnya pengetahuan dan penguasaan teknologi tenaga kerja di Indonesia. Namun ada beberapa tenaga kerja dengan tingkat pendidikan rendah tetapi mampu menyeimbangkan kemampuan dan keahliannya dengan tenaga kerja yang sarjana dengan kerja keras mengikuti kursus atau belajar otodidak.

2. Ketersediaan lapangan kerja

Naiknya jumlah penduduk menyebabkan kenaikan permintaan lapangan pekerjaan. Percepatan pertumbuhan penduduk tidak sejalan dengan percepatan partumbuhan lapangan pekerjaan. Hal tersebut juga semakin diperparah dengan banyaknya tenaga kerja di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dengan demikian Pengangguran akan semakin tinggi.

3. Kelebihan Tenaga Kerja (Labour Surplus Economy)

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir Indonesia mengalami persengketaan dalam hal pertumbuhan lapangan kerja, namun tetap saja yang mencari atau membutuhkan pekerjaan lebih banyak. Jumlah penduduk yang besar akan menghasilkan angkatan kerja yang besar juga. 

Angkatan kerja yang besar jika dimanfaatkan dengan baik tentu dapat meningkatkan kegiatan perekonomian sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera dan pendapatan nasional meningkat.

4.Penyebaran Tenaga Kerja Yang Tidak Merata

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan