Abstrak
Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahanperubahan dalam pengetahuan-pemahaman, ketrampilan, dan nilai-sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif konstan dan berbekas. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencananya untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri mereka. Canva adalah platform desain grafis berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis visual, seperti poster, presentasi, infografis, dan konten media sosial. Dengan antarmuka yang sederhana dan beragam template yang tersedia, Canva memudahkan pengguna, termasuk yang tidak memiliki latar belakang desain, untuk menghasilkan karya visual yang menarik. Selain itu, Canva juga menawarkan fitur kolaborasi, memungkinkan tim untuk bekerja bersama dalam proyek desain secara real-time.
Kata Kunci : Belajar, Hasil Belajar,Hasil Belajar
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Dalam era digital saat ini, integrasi teknologi dalam proses pembelajaran menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (Hijrah et al. 2021).Salah satu inovasi dalam pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran phenomenom yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep kompleks dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Definisi pendidikan dalam arti luas adalah hidup (Harefa et al. 2022)Artinya bahwa pendidikan adalah seluruh pengetahuanbelajar yang terjadi sepanjang hayat dalam semua tempat serta situasi yang memberikan pengaruh positif pada pertumbuhan setiap makhluk individu. Bahwa pendidikan berlangsung selama sepanjang hayat(Ujud et al. 2023).
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS) merupakan salah satu bidang studi yang kompleks dan memerlukan pemahaman konsep yang mendalam. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi IPAS yang sering kali bersifat abstra (Setiawan 2025) Dalam konteks ini, aplikasi berbasis Android dapat berfungsi sebagai alat bantu yang efektif untuk menyajikan informasi secara interaktif dan menarik. Berbagai fitur yang ditawarkan, seperti simulasi, video pembelajaran, dan kuis interaktif, dapat membantu siswa memahami konsep-konsep IPAS dengan lebih baik. Pemanfaatan berbagai sumber belajar merupakan upaya pemecahan masalah belajar, dan peran teknologi pendidikan sebagai pemecahan masalah belajar dapat terjadi dalam bentuk sumber belajar yang dirancang, dipilih, dan dimanfaatkan untuk keperluan belajar(Choirunnisa 2025).
METODE PENGABDIAN
Lokasi dan Waktu Pengabdian
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di SD Negeri 19 Bayuasin lll tempatnya di Desa Tanjung Agung Kecamatan Banyuasin 3 Kabupaten Banyuasin dengan jadwal Senin sd Jumat  Tahun 2025 Pada Pukul 07:30 sd 12:10. Pada pengabdian tersebut banyak hal yang dilaksanakan mulai dari belajar mengajar, kegiatan senam bersama, pembacaan yasin setian hari jumat, dan lain sebagainya. Banyak siswa yang merasa senanng apalagi saat senam bersama mereka mengikutinya dengan penuh gembira dan adapula guru-guru dari siswa pun juga mengikuti.
METODE DAN RANCANGAN PENGABDIAN
Model pembelajaran phenomenon based learning memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan mendorong peserta didik untuk aktif membangun pengetahuan melalui kegiatan mengamati, menyelidiki dan menganalisis fenomena yang relevan dengan materi pelajaran.
PENGAMBILAN SAMPEL
Subjek yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah siswa tingkat Sekolah Dasar kelas V Desa Tanjung Agung Kecamatan Banyuasin lll. Penulis melaksanakan kegiatan pengabdian atau penelitian dengan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas V
HASIL DAN PEMBAHASAN
Evaluasi ContextHasil observasi menunjukan 6 orang siswa sangat antusias dalam belajar dan ada 3 orang siswa yang kurang antusias dalam proses belajar berlangsung.Â
Evaluasi Input
Rama menjadi anak yang hiperaktif yang selalu mengganggu temannya ini dikarenakan kurang perhatian orang tua
Evaluasi Proses
Kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan di Desa Gunung karto yang dilakukan oleh kelompok 02 untuk pelajaran IPAS siswa SD diajak berperan aktif dan semangat pada proses belajar dimulai.
Evaluasi Produk
Sebelum mengikuti program bimbingan belajar yang diadakan kelompok 02, Rama merupakan anak yang hiperaktif dan sulit untuk mengikuti pembelajaran.
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil pembahasan diatas, kegiatan Kerja Kuliah Nyata
(KKN) mengenai bimbingan belajar yang diadakan kelompok 02 di Desa Tanjung Agung mendapatkan respon yang baik oleh para guru dan masyarakat sekitar. Dalam metode Pembelajaran yang digunakan yaitu Metode Pembelajaran Kontekstual mempunyai pengaruh positif terhadap siswa yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar, rasa ingin tau mereka serta menjadikan Suasanaa belajar lebih menarik dan tidak membosankan didalam kelas. Para orang tua dari siswa sangat merasa terbantu dengan adanya program kerja yang diadakan, dapat membantu anak-anaknya dalam pembuatan tugas yang diberikan oleh guru serta mengulang materi yag telah disampaikan oleh guru mereka disekolah.Â
REFERENSI
Adriana, Yulia, M. S. Prof. Dr. H. Jimmi Copriady, dan M. P. Dra. Hj. Erviyenni. 2025. "PENERAPAN MODEL PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI SMAN 15 PEKANBARU." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 31(1):81--89.
Ardiansyah, Ardiansyah dan Arda Arda. 2020. "Peran orang tua dalam proses belajar anak di masa pandemi covid-19 dalam menumbuhkan sikap ilmiah (studi kasus pada siswa usia 10-12 tahun pada mata pelajaran IPA)." Musawa: Journal for Gender Studies 12(1):140--64.
Choirunnisa, Daifa. 2025. "Manfaat Aplikasi Berbasis Android Dalam Mata Pelajaran IPAS ( Tinjauan Literatur Yang Komprehensif )." 3:481--90.
Dakhi, Agustin Sukses. 2020. "Peningkatan hasil belajar siswa." Jurnal Education and development Institut 8(2):468--70.