Mohon tunggu...
Muhammad Wahyudin
Muhammad Wahyudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

kasundaan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Mengenai Pentingnya Mencintai Budaya Daerah dengan Mengetahui Pakaian Adat di SMA Kartika XIX-2 Bandung

9 Desember 2022   00:55 Diperbarui: 9 Desember 2022   01:01 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam kegiatan KKN ini saya mengangkat tema melestarikan budaya daerah dengan mengetahui pakaian adat khususnya pakaian adat jawa barat yaitu kabaya dan pangsi. 

Pada KKN ini saya dibimbing oleh dosen yang bernama Ibu Rina Maryanti, S.Pd., M.Pd. Kabaya dan Pangsi adalah salah satu pakaian adat yang ada di Indonesia yang menjadi salah satu ciri orang jawa barat khususnya suku sunda. Dulunya kabaya dan pangsi ini dipakai hanya untuk kaum menak atawa kaum ningrat, tapi seiring berjalannya waktu kebiasaan ini telah termakan oleh jaman dan semua orang bisa memakai pakaian adat ini. 

Pakaian adat yang satu ini juga banyak digunakan oleh anak sekolah agar generasi saat ini mengetahui dan melestarikan pakaian adat ini agar tidak punah termakan oleh jaman. Di jawa Barat khususnya di bandung, pakaian adat ini dijadikan salah satu program pemerintah yang biasa disebut "Rebo Nyunda", program ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan dan melestarikan pakaian adat ini kepada generasi muda yang ada di jawa barat.

Menariknya, ketika saya mencoba bertanya tanya tentang pengetahuan umum yang berakaitan dengan pakaian adat ini pada siswa/i SMA Kartika XIX-2 Bandung, para murid rata-rata mengetahui tentang pakaian adat ini, dan lebih baiknya para murid mendukung program rebo nyunda agar mereka tidak lupa budayanya sendiri. 

Penulis sangat senang dikarenakan masih banyak yang memiliki kesadaran bahwa budaya sunda harus terus dilestarikan bukan untuk dilupakan. penulis mentipkan kepada sisa agar tetap mencintai dan melestarikan budaya yang ada di tatar sunda ini. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun