Mohon tunggu...
Muhammad Septihandani
Muhammad Septihandani Mohon Tunggu... Bingkai Untuk Mahasiswa PGSD FKIP UNPAM

Hobi saya adalah menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Hakikat Belajar dan Pembelajaran: Fondasi Pendidikan yang Bermakna

28 September 2025   14:51 Diperbarui: 28 September 2025   14:51 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Memahami Hakikat Belajar dan Pembelajaran: Fondasi Pendidikan yang Bermakna

Pendidikan merupakan proses yang kompleks dan dinamis, di mana belajar dan pembelajaran menjadi dua elemen yang saling berkaitan erat. Dalam konteks pendidikan modern, pemahaman yang mendalam tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip yang mendasarinya, motivasi, serta tantangan yang dihadapi menjadi kunci keberhasilan proses edukasi.

A. Hakikat Belajar dan Pembelajaran

1. Pengertian Belajar

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif permanen sebagai hasil dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Menurut perspektif konstruktivisme, belajar bukan sekadar transfer informasi dari guru ke siswa, melainkan proses aktif dimana pembelajar membangun pengetahuan melalui pengalaman langsung.

Belajar memiliki karakteristik utama, yaitu adanya perubahan yang dapat diamati, bersifat relatif permanen, dan terjadi melalui pengalaman. Perubahan ini tidak hanya mencakup aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotor, membentuk individu secara holistik.

2. Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik, pendidik, dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Berbeda dengan belajar yang berfokus pada siswa, pembelajaran menekankan pada bagaimana menciptakan kondisi yang kondusif agar proses belajar dapat berlangsung optimal.

Dalam pembelajaran modern, peran guru bergeser dari sebagai sumber informasi tunggal menjadi fasilitator, mediator, dan motivator. Guru bertugas merancang pengalaman belajar yang bermakna, menggunakan berbagai strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

B. Prinsip-Prinsip Belajar

1. Prinsip Keterlibatan Aktif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun