Mohon tunggu...
M. Saiful Kalam
M. Saiful Kalam Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

Menulis yang terbaik saja

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Itu Fikih?

24 September 2021   13:27 Diperbarui: 24 September 2021   13:30 54 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Itu Fikih?
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

*Apa itu Fikih?*

_by: M. Saiful Kalam_

      (cerita ini diambil dari kitab klasik/kuning. Happy reciting.)

      Baik, kali ini tidak beda jauh dengan seorang yang ingin bisa ilmu fikih, terlebih dahulu harus bisa ilmu nahwu dan shorof.

     Ilmu fikih sendiri diartikan ilmu yang membahas seluruh pelaksanaan dan aspek kehidupan manusia. Selama ini, mungkin yang banyak kita ketahui fikih itu ya membahas shalat saja. Tidak demikian.

     Fikih sendiri ada banyak jenisnya, tapi kalau diringkas ada 3, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, dengan manusia lain, dengan makhluk hidup lain, dan dengan Allah sebagai Tuhan Semesta Alam.

     Oke, kali ini akan penulis berikan pengantar singkat tentang fikih. Perlu diingat hampir seluruh kitab yang berisi fikih, selalu pembahasan awalnya adalah kaifiyah thoharoh (tata cara bersuci). Baru setelah thoharoh, dibahas mengenai kaifiyah sholat, zakat, puasa, dan haji.

      Hal ini merupakan isyarat bahwa hal yang menjadi dasar seorang muslim adalah bersuci. Kalau artikel sebelumnya, ujung tombak muslim itu terletak pada sholatnya. Nah, kali ini ujung tombak dari sholat adalah bersuci.

    Juga, seorang santri sebelum belajar kitab kuning atau membuka Al-Qur'an, ia harus suci terlebih dahulu. Sebab, untuk membuka dan membaca ilmu yang penuh dengan kemuliaan itu, diperlukan diri yang suci dan mulia juga.

     Kemudian, apa itu thoharoh? Yaitu cara mensucikan diri dari hadas dan najis.

      Apa itu hadas? Hadas adalah kondisi tubuh yang tidak suci karena suatu hal. Hadas terbagi menjadi 2, yaitu hadas kecil (seperti bersentuhan kulit laki-laki dengan perempuan yang bukan mahram) dan hadas besar (seperti keluar darah/menstruasi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan