Mohon tunggu...
Rifandi Fahrezi
Rifandi Fahrezi Mohon Tunggu... seorang mahasiswa semester awal

just normal human.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Pentingnya Safety Riding di Indonesia

20 Juli 2020   22:37 Diperbarui: 20 Juli 2020   22:54 44 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Safety Riding di Indonesia
sumber: breakingnews.co.id

Kendaraan roda dua sampai hari ini masih mendominasi jalanan di Indonesia terutama di Jakarta, tetapi apakah mereka mengerti akan safety riding? disini kita akan membahas pentingnya safety riding. Safety riding sendiri sudah diatur dalam  UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 203 Ayat 2, yang jelas-jelas sudah dikaji langsung oleh pemerintah dan kita harus melaksanakannya. Safety riding bukan hanya semacam formalitas di jalan tetapi sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat karena pentingnya keselamatan diri kita sendiri maupun orang lain.

Mungkin kita bertanya-tanya kenapa safety riding sangat penting sampai-sampai dibuat undang-undangnya sendiri, karena dilihat dari kondisi pengendara roda dua yang beresiko lebih tinggi angka kecelakaannya daripada pengendara roda empat, dilihat dari sisi bentuk kendaraan pengendara roda dua lebih beresiko cedera dan meninggal lebih tinggi daripada pengendara roda empat dari sinilah peran pemerintah mengatur pengendara dengan dibuatnya undang-undang.

Safety ride bukan hanya memakai perlengkapan yang safety tetapi skill berkendara kita juga harus mumpuni, tidak hanya mempunyai SIM belaka tetapi skill kita saat dijalan raya harus safety dan mumpuni juga, banyak pengendara yang tidak memakai kaca spion dan jelas itu melanggar karena kaca spion penting untuk kita jika mau mengganti lajur agar kita tahu apakah dibelakang kita ada kendaraan lain atau tidak

jika tidak ada kaca spion kita tidak tahu apakah dibelakang ada kendaraan lain atau tidak, kemudian lampu-lampu dikendaraan kita pastikan berfungsi dengan baik, lampu dikendaraan kita sangatlah penting karena balik lagi keselamatan nomer satu jika lampu kita tidak berfungsi dengan baik keselamatan kita akan terganggu akibat entah lampu utama yang mati maupun lampu lainnya.

Perlengkapan yang dipakai ditubuh kita sangatlah penting seperti helm (jangan lupa mengikat/mengklik helm kita), jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu dan masker, semua itu sangat amat penting karena jika salah satu dari perlengkapan tersebut tidak kita pakai jelas kita tidak safety riding dan keselamatan kita juga terganggu.

Skill dalam berkendara amatlah penting jika perlu kalian mengikuti pelatihan safety riding karena itu sangat penting untuk menambah wawasan kita tentang keselamatan berkendara dan juga meningkatkan skill berkendara kita dijalan raya.

Banyak kejadian kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua sampai si pengendara tersebut meninggal dunia, dimana pentingnya safety riding jika kita mengalami musibah crash dari motor?

Pentingnya safety riding adalah meminimalisir cedera yang kita alami jika kita crash dari motor, bayangkan jika kita tidak memakai perlengkapan yang safety jika kita mengalami crash/terjatuh dari motor apakah kita baik-baik saja? jelas tidak. itulah pentingnya safety riding. kita tidak tahu apa yang terjadi saat kita berkendara roda dua.

Pesan saya sebagai penulis, always ride safe jangan melanggar, patuhi rambu-rambu yang ada dan berkendaralah yang sopan dan jangan arogan agar kita selamat sampai tujuan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x