Mohon tunggu...
Muhammad RaviAs
Muhammad RaviAs Mohon Tunggu... Lainnya - SMAN 28 - XI MIPA 1 - absen 24

TUGAS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cerpen SMAN 28 Jakarta | Cerdas dalam Menangkap Usaha

22 November 2020   15:22 Diperbarui: 22 November 2020   15:28 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seorang Remaja memiliki mimpi yang besar dalam hidupnya, arya namanya,dia bercita-cita menjadi orang yang kaya, sejak di bangku SMA dia aktif untuk menggali informasi dengan menggunakan ponselnya, dia menggunakan ponselnya secara cerdas, hingga dia memiliki banyak pengetahuan.

Dalam hidupnya dia memiliki motto "kerja cerdas" hal itulah yang menginspirasi dia untuk melakukan suatu pekerjaan dengan memikirkan dulu cera penyelesaiannya. dia juga merupakan orang yang pandai menangkap peluang usaha, dia memulainya dari hal hal kecil untuk mendapatkan keuntungan.

Pada suatu hari guru PKN di sekolahnya memerintahkan kepada semua muridnya untuk membeli buku undang undang dasar guna sebagai pelajaran di sekolah, "anak anak, untuk pertemuan selanjutnya kita akan mempelajari tentang Undang Undang Dasar, oleh karena itu kalian harus memiliki buku Undang Undang Dasar," ucap guru PKN. Dia menemukan sebuah peluang usaha yang bisa dia lakukan, dia berfikir bahwa di dekat rumahnya ada sebuah toko buku yang menjual berbagai produk.

Setelah pulang sekolah dia datang ke toko tersebut untuk menanyakan harga dan jumlah buku undang undang yang tersedia di toko, "permisi bu, apakah disini menjual buku undang undang dasar?" Tanya Arya. "tentu ada, berapa yang kamu butuhkan?" ucap penjaga toko.

"Belum tentu bu, pertinya banyak bu, untuk teman teman saya" Jawab Arya.

"Ohh jika kamu mau beli banyak harganya bisa menjadi harga grosir." ujar sang penjaga toko. Dia mendapatkan penawaran menarik dari penjaga toko bahwa toko memberikan harga grosir. Mendengar tawaran tersebut Arya merasa senang karena harganya tentu lebih murah.

Keesokan harinya Arya menawarkan jasa kepada teman temannya untuk membeli buku undang undang dengan menawarkan tarif harga standar Arya mendapatkan titipan dari satu teman temannya satu kelas yang berjumlah 36 orang, setelah modal terkumpul sepulang sekolah Arya pun datang ke toko buku tersebut untuk membeli 3 lusin buku dengan harga yang lebih murah, dan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Muhammad Ravi As Suminar (24)

XI MIPA 1

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun