Mohon tunggu...
Muhammad Rama Farma
Muhammad Rama Farma Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Klasifikasi Kecepatan Internet: Apa yang Cepat, Apa yang Lambat, dan Berapa Kecepatan Internet yang Bagus?

30 Juni 2021   21:57 Diperbarui: 30 Juni 2021   22:16 272 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Klasifikasi Kecepatan Internet: Apa yang Cepat, Apa yang Lambat, dan Berapa Kecepatan Internet yang Bagus?
Internet (Sumber : skystreamx.com)

Tidak yakin bagaimana cara mengetahui apakah Anda memiliki kecepatan internet yang baik? Inilah cara mengetahui apakah Anda memiliki rencana yang tepat untuk kebutuhan Anda. 

Selain harga, kecepatan internet adalah salah satu pendorong keputusan utama saat berbelanja paket internet atau mengevaluasi layanan internet Anda saat ini. Namun, tidak seperti harga – di mana Anda dapat dengan mudah melihat biaya bulanan dan mengatakan “yang sesuai dengan anggaran saya” atau “itu adalah pembayaran mobil baru” – kecepatan internet bisa sedikit lebih sulit untuk diukur.

Apakah 100 Mbps internet "cepat"? Apakah 10 Mbps "lambat"? Berapa kecepatan internet yang saya dapatkan? Ini semua adalah pertanyaan yang banyak dari kita tanyakan, jadi kami telah membuat panduan sederhana ini untuk menjelaskannya.

Mari kita lihat bagaimana kecepatan internet diukur, apa yang dianggap internet cepat, apa yang mungkin internet lambat dan faktor lain untuk membantu Anda menjawab pertanyaan: Berapa kecepatan internet yang baik?

Bagaimana kecepatan internet diukur?

Kecepatan internet ditentukan oleh seberapa banyak data yang dapat diunduh koneksi (kecepatan unduh) atau unggah (kecepatan unggah) per detik.

Dalam kedua kasus, kecepatan ditampilkan sebagai bit per detik (bps). Karena koneksi internet mentransfer ribuan bit per detik, kami menggunakan awalan k, M dan G untuk menunjukkan berapa ribu bit yang sedang kita bicarakan. Jika Anda terbiasa dengan sistem metrik, Anda tahu “k” = 1.000, “M” = 1.000k (1.000.000) dan “G” = 1.000M (1.000.000.000).

Saat meneliti kecepatan internet, Anda mungkin akan melihat Mbps lebih dari kbps atau Gbps. Itu karena kecepatan Mbps lebih sesuai dengan tujuan kita menggunakan internet.

Kecepatan yang termasuk dalam kisaran kbps umumnya adalah apa yang kita sebut internet "lambat" dan kecepatan Gbps, yang kurang lazim tetapi menjadi lebih umum, berada dalam kisaran ultra-cepat. 

Pikirkan "broadband" sebagai batas kecepatan internet nasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan