Mohon tunggu...
Muhammad Rama Farma
Muhammad Rama Farma Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama FEATURED

Apa Jadinya jika Internet Sedunia Tiba-tiba Menghilang?

30 Juni 2021   15:51 Diperbarui: 21 September 2021   08:36 906 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Jadinya jika Internet Sedunia Tiba-tiba Menghilang?
ilustrasi tidak ada jaringan intenet. (sumber: Freepik)

Hidup tanpa World Wide Web tampaknya hampir tak terbayangkan, tetapi sejumlah besar orang akan terpengaruh internet menghilang.

Dunia tanpa internet… Pada tahun 2021, rasanya hampir mustahil. Tetapi bagaimana jika ada pemadaman internet selama sehari? Apa yang akan terjadi?

Secara global, hanya sekitar setengah dari dunia yang memiliki akses internet; namun, di AS kurang dari 1% populasi tidak memiliki koneksi internet, menurut Komisi Komunikasi Federal .

Selama beberapa tahun terakhir, internet telah menjadi jalinan masyarakat kita. Segala sesuatu mulai dari bank dan rumah sakit hingga militer dan sistem utilitas bergantung pada internet dalam beberapa cara, bentuk, atau bentuk.

Luangkan waktu sejenak untuk membayangkan bersama kami: Apa yang akan terjadi jika internet mati selama sehari?

Dunia tanpa internet

Belum lama ini kita benar-benar hidup di dunia tanpa internet. "Internet" dalam bentuk paling dasar sebagai "jaringan dari jaringan" secara resmi diluncurkan pada 1 Januari 1983, tetapi dimulai pada pertengahan 1950-an. Baru pada tahun 1989 ketika Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web dan meluncurkan klien dan server web pertamanya pada tahun 1990, internet seperti yang kita kenal mulai terbentuk.

Kembali pada tahun 1995, kurang dari 1% (0,77% tepatnya) dunia menggunakan internet. Hari ini angka itu adalah 48,5%. Sementara penggunaan internet mungkin tidak setinggi di seluruh dunia, di AS saja, sekitar seperempat orang dewasa mengatakan mereka online "hampir terus-menerus," menurut studi 2018 Pew Research Center.

Siapa yang mengandalkan internet saat ini?

Hampir semua orang di Amerika Serikat dan di Dunia menggunakan internet, dan ketergantungan kita padanya tumbuh setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan