Rabu 10 November 2021, Qlue Smart City bersama President University (PresUniv), menggelar webinar Konten Digital: Essential Soft Skill For Early Jobbers . Ada dua Pembicara dalam webinar ini salah satunya adalah Yovin Andrian, Enterprise Solution Manager di Qlue .Sebelum bergabung dengan Qlue, Yovin memiliki pengalaman panjang sebagai Lead Data Engineer dan juga pernah bergabung dalam sebuah Consulting Firm selama delapan tahun.
 Menurut Yovin, kebanyakan seorang pemula yang baru bekerja bingung dengan pekerjaan pertama apa yang akan ia kerjakan disebuah perusahaan, bahkan termasuk ia sendiri ketika saat itu yang baru bekerja bingung dengan Job Desknya.Belajar dari pengalaman menurutnya hal itu terjadi dikarenakan lingkungan kerja yang berbeda dengan dunia perkuliahan dimana dosen yang hanya bertugas memberikan materi lalu tugas untuk dikerjakan dan dikumpulkan sedangkan di dunia pekerjaan sangatlah berbeda. Dan terkadang Sebagai seorang first jobber kadangkala kita dipusingkan, perusahaan manakah yang ingin kamu jadikan tempat bekerja. Apalagi dengan bermunculannya startup yang kadang juga menarik untuk dicoba.
Yovin juga memberikan beberapa tips  dan langkah langkah bagi para First Jobber atau Mahasiswa President University yang sudah bekerja ataupun ingin lulusn agar mendapatkan karir cemerlang selama bekerja yang tentunya dapat mempertahankan posisinya di pekerjaan tersebut, berikut adalah rangkuman dari tips yang ia katakan.
1. Keterampilan KomunikasiÂ
Menurut Yovin,Keterampilan komunikasi yang baik merupakan salah satu soft skills yang harus dimiliki baik oleh  pencari kerja maupun profesional. Oleh karena itu, kita perlu memperoleh soft skill untuk bertahan di industri ketenagakerjaan.Kita dapat belajar menjadi pendengar yang baik ketika orang lain berbicara. Jangan lupa untuk melatih bahasa tubuh, mulai dari ekspresi wajah hingga gerakan tangan.
 2. Menjadi Kreatif
Kreativitas adalah soft skill nomor satu yang direkomendasikan oleh Yovin untuk profesional muda. Berpikir kreatif membantu Anda menemukan ide-ide baru  yang dibutuhkan perusahaan kita.Kita juga dapat menemukan solusi masalah dan jawaban dari masalah yang ada.Â
3. Mampu Beradaptasi
Menurutnya, Dunia universitas tidak sebanding dengan dunia kerja. Akan ada orang-orang dengan karakteristik yang berbeda dari banyak masalah  yang akan Anda hadapi. Jika demikian, Anda harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik.Pemula karir biasanya tidak terbiasa  dengan kerja keras, sehingga soft skill ini memudahkan untuk melewati masa-masa sulit. Anda harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik.
4. Kerjasama Adalah Kunci
Dalam dunia kerja, apapun tugas yang kita lakukan harus dilakukan dengan bekerja sama dengan atasan Anda atau departemen lain untuk menghindari bertemunya sesuatu yang dapat membahayakan kinerja kita. Kita juga harus berlatih untuk menerima dan menghormati pendapat orang lain, yang mungkin memiliki sifat yang berbeda.