Mohon tunggu...
Muhammad Prayoga
Muhammad Prayoga Mohon Tunggu... Mahasiswa kece

Seorang mahasiswa jurusan teknologi yang sedang meniti ilmu di Universitas Tadulako

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Penerapan Teknologi Tepat Guna, Upaya Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Para Petani

10 Oktober 2019   22:19 Diperbarui: 10 Oktober 2019   22:19 0 0 0 Mohon Tunggu...

apa itu Teknologi Tepat Guna?

Teknologi tepat guna (TTG) merupakan istilah yang mengacu pada teknologi yang dimanfaatkan secara efisien dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang pada dasarnya dapat memberi keuntungan bagi pelaku dan juga lingkungan sekitar. Dr. Ernst Friedrich "Fritz" Schumacher dalam karyanya yang berpengaruh yaitu "small is beautiful" mengartikulasikan teknologi tepat guna sebagai intermediate technology yang dapat diartikan sebagai teknologi antara  yang merupakan sebuah perpaduan antara teknologi konvensional dengan teknologi terbarukan.


Pengaruh Teknologi Tepat Guna di sektor Pertanian

Teknologi tepat guna memiliki andil yang cukup besar dalam peningkatan kualitas dan kuantitas para petani dalam mengolah lahan pertaniannya, terutama bagi petani skala kecil hingga menengah. dengan biaya investasi yang relatif murah dan perawatan yang relatif mudah, teknologi tepat guna menjadi primadona bagi para petani.

Pembangunan  pertanian masa kini dan masa yang akan datang akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang semakin kompleks. Mulai dari isu ketahanan pangan, proses produksi yang efisien dalam rangka menghadapi pasar global, peningkatan kesejahteraan petani, penyediaan lapangan kerja, kemerosotan kualitas sumberdaya, produk pertanian yang ramah lingkungan (organic farming),  perlu dipertimbangkan dalam membangun pertanian kedepan. Untuk itu  penelitian dan pengkajian teknologi pertanian harus diarahkan untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, salah satunya dengan lebih mengkaji lagi perihal penerapan Teknologi Tepat Guna.

Adapun peran dari teknologi tepat guna  di sektor pertanian pada umumnya mencakup solusi tentang bagaimana mengatasi berbagai hambatan dalam peningkatan produktivitas pertanian, hampir seluruh ahli di dunia sepakat bahwa salah satu kunci utama dari permasalahan tersebut mencakup teknologi. Teknologi terbarukan dan tepat guna diharapkan mampu meningkatkan hasil panen dengan pemasukan produksi yang efisien dan tidak merusak lingkungan, bahkan  mampu menangkal dampak perubahan iklim seperti kekeringan, serangan hama dan penyakit, serta tahan terhadap cekaman fisik. Di Indonesia, peran penting teknologi dalam mewujudkan kedaulatan pangan secara umum dikelompokkan ke dalam 4 (empat) kelompok besar, yaitu:

  • Pemuliaan tanaman
  • pemanfaatan agensia hayati
  • pembenahan tanah/agraria
  • pengembangan input produksi yang efisien

Sesuai dengan tuntutan pasarnya, pengembangan teknologi melalui kegiatan penelitian dan pengembangan perlu memperhatikan unsur-unsur kelestarian lingkungan dan keberlanjutan usaha.

referensi penulisan :

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_tepat_guna

http://blog.umy.ac.id/maharanirissa97/2015/10/16/teknologi-tepat-guna-dalam-pertanian-masa-depan/