Muhammad nurcholis
Muhammad nurcholis Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Dosen Pengampu : Saeful Mujab,S.Sos., M,I.Kom

saya memiliki hobi bermain musik dan futsal

Pengalaman Pertama Mendaki Gunung

26 Januari 2023   15:34 Diperbarui: 26 Januari 2023   15:41 4100

Gunung gede terletak di provinsi jawa barat perbatasan wilayah kabupaten bogor, cianjur, dan sukabumi. Gunung gede merupakan ruang lingkup taman nasional gunung gede pangrango. Gunung gede memiliki ketinggian 1.000 -- 2.958 mdpl, dan berada pada lintang 10651' - 10702' BT dan 641' -- 651 LS. Suhu di puncak gede ketika cerah  18C dan ketika sedang kabut berkisar 5C. 0

Saya Muhammad Nurcholis, asal Bekasi. Lahir di Bekasi, 13 januari 2003. Pengalaman saya mendaki gunung pertama kalinya tentu sangat berkesan. Saya mendaki pada tanggal 01 agustus 2022 sampai tanggal 04 agustus 2022. Saya mendaki gunung tidak sendiri, saya dengan lima teman saya yang lain. Pada tanggal 01, saya berangkat ke gunung gede Bersama-sama dengan teman saya yang lain.

Kami menuju ke sana menggunakan sepeda motor. Perjalanan kesana memakan waktu selama tiga jam. Selama di perjalanan, tidak mudah untuk sampai sana, saya mendapat beberapa kendala. Seperti pada saat di perbatasan kabupaten bogor dan kota Bekasi, ban motor saya bocor. Saya mencari tambal ban dan untungnya tidak terlalu jauh dari tempat saya saat ban nya bocor. Menunggu ban sudah Kembali bagus, memakan waktu kurang lebih selama lima menit.

Setelah selesai, kami Kembali melanjutkan perjalanan kami yang tertunda. Jalannya sangat berbelok-belok, menanjak, dan berlubang. Belum lagi beberapa daerah yang memang macet. Beberapa kali, kami beristirahat di sebuah warung pinggiran. Bersama teman-teman membuat perjalanan saya tidak terasa lama dan Lelah pun tak terasa.

Setelah tiga jam berlalu, kami pun sampai ke daerah gunung gede. Tetapi, sebelum mendaki, kami mencari basecamp terlebih dahulu untuk menginap semalam. Karena hari sudah semakin gelap. Untungnya, kami telah memesan basecamp sebelum gelap. Di basecamp kami tidak langsung ber istirahat. Melainkan, merapihkan barang-barang yang akan di bawa esok hari, berbincang-bincang dengan pemilik basecamp tentang apa yang akan kita lakukan di esok hari, kami juga memasak mie instant untuk teman ngobrol tak lupa juga dengan kopi hangat karena cuaca yang cukup dingin, lalu sebelum tidur, kami mengumpulkan tanda pengenal (KTP) untuk di berikan ke pos maksi esok.

Dan akhirnya tepat pukul 1 pagi kami ber lima memutuskan untuk tidur agar besok tidak kesiangan untuk mendaki gunung, karena ini kali pertama kami berlima mendaki gunung, kami sangat antusias untuk itu. Kami memasang alarm dari jam 4 subuh agar tidak kesiangan. Ketika subuh berkumandang kami ber lima segera bangun dan Kembali mengecek dengan pasti perlengkapan untuk melakukan pendakian dan sedikit pemanasan kaki agar tidak mudah kelelahan. Setelah semua sudah di cek, kami berpamitan dan meminta doa agar selamat di perjalanan hingga pulang kepada pemilik basecamp yang kami inapkan, dan setelah berpamitan kami melakukan doa Bersama sebelum melakukan pendakian.

Tepat pukul 07:00 kami memulai pendakian  pertama kami. Terlebih dahulu kami ke pos simaksi untuk pengecekan barang bawaan kami agar memastikan tidak membawa barang yang terlarang seperti tissue basah dan lain sebagainya. Kami juga di beritahu petugas pos simaksi tentang apa saja yang tidak boleh kami bicarakan dan lakukan diatas nanti. Seperti berbicara kasar, melakukan hal yang tidak senonoh. Membuat api unggun juga tidak diperbolehkan di gunung gede jika tidak darurat. Beberapa menit kami di pos simaksi melakukan pengecekan dan briefing, kami langsung bergegas untuk melanjutkan pendakian. Tetapi, sebelum itu kami tanda tangan terlebih dahulu diatas materai sebagai tanda per izinan pendakian kami di setujui.

6 jam kami mendaki, pada akhirnya kami tiba dipos 5 (pos terakhir) gunung gede atau biasa orang-orang menyebutnya "Surya Kencana". Surya kencana merupakan pos terakhir yang berupa tanah lapang, biasanya para pendaki membangun tenda untuk ber istirahat sebelum esok pagi melakukan summit attack ke puncak gunung gede untuk melihat sunrise. Kami berlima membangun tenda yang sudah kami bawa, kami membagi jadi 2 tim. 3 orang mendirikan tenda dan 2 orang lagi menyiapkan makan sore, pada akhirnya tenda berhasil di dirikan dan makanan pun sudah siap, kami menyantap makan sore sambil menikmati indahnnya surya kencana (surken). Di surya kencana terdapat sumber mata air, setelah selesai makan saya mengisi ulang persediaan air yang telah berkurang selama pendakian. Maka dari itu saya di temani oleh satu orang teman saya untuk mengisi ulang persediaan air, di sumber mata air yang tidak begitu jauh.

Pagi-pagi sekali kami sudah melanjutkan perjalanan karena mengejar sunrise. Perjalanan kami mendaki dari surya kencana ke puncak gunung gede memakan waktu selama 2 jam. Saat sampai, kami sangat senang karena walaupun banyak kendala kami lewati dengan baik, kami tidak menyerah. Dan juga Lelah kami terbayarkan ketika melihat pemandangan indah di atas gunung gede. Selama mendaki dari pos simaksi untuk sampai di puncak gunung gede, kami menghabiskan waktu selama 8 jam.

Dikarenakan kami masih pertama kali, kami lebih lama dari pada orang-orang yang sudah berpengalaman mendaki sebelumnya. Pada saat mendaki, perjalanan kami juga tidak mulus sempurna. Beberapa kendala seperti penat butuh istirahat sebentar, kami berhenti di pos-pos yang ada di gunung gede, berhenti di pos sebentar kami ber istirahat untuk bersantai, minum air, minum madu agar stamina lebih kuat.