Mohon tunggu...
Muhammad Nauval
Muhammad Nauval Mohon Tunggu... Perawat | Aceh Tulen

Seorang Pembaca yang Kadang Tergoda untuk Menulis

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Secuil Alasan Mengapa Kurma Cocok Dikonsumsi untuk Menjaga Berat Badan Selama Ramadan

23 April 2021   23:00 Diperbarui: 23 April 2021   23:51 335 25 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Secuil Alasan Mengapa Kurma Cocok Dikonsumsi untuk Menjaga Berat Badan Selama Ramadan
Kurma, Sumber [Liputan6.com]

Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan (H.R.Al-Tirmidzi).

Kurma menjadi teman berbuka yang wajib selalu ada di rumah saya. Selain rasanya yang enak, kurma juga menyimpan segudang manfaat loh.

Rasulullah juga telah menganjurkan kita untuk selalu berbuka dengan memakan buah kurma. Karena alasan inilah keluarga saya selalu menyediakan kurma selama Ramadan.

Tentu kalian juga sama kan?

Menjaga kesehatan saat berpuasa sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi jika ingin menjaga berat badan agar tetap ideal saat Ramadan, ini juga tidak susah selama kalian tahu apa sih penyebab berat badan naik saat berpuasa ?

Nah, sebelum saya membahas tentang kurma dan kaitannya dengan kesehatan dan juga menjaga berat badan. Mari simak dulu tiga penyebab berat badan naik saat Ramadan. Yuk langsung disimak!

Pertama, Tidak Ada Perencanaan

Tanpa ada perencanaan yang matang untuk diet ketika berpuasa akan menambah beban kalian tatkala ingin menjaga berat badan selama berpuasa. Kalian pasti akan makan apa saja saat sahur dan berbuka. Sebab tidak ada niat dan perencanaan dari awal.

Berbeda jika halnya kalian membuat sebuah program. Misalnya cara bagaimana kalian mengatur pola makan selama Ramadan. Juga, mengatur makanan apa-apa saja yang boleh, dan mana yang harus dikurangi saat sahur dan berbuka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN