Mohon tunggu...
Muhammad Nabil
Muhammad Nabil Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi saya basket.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Wisata Wanamukti Siguede Kaliangkrik! Penjernihan Kolam Ikan oleh Mahasiswa KKN UNDIP

12 Agustus 2022   16:00 Diperbarui: 12 Agustus 2022   16:29 114 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebonlegi, Magelang (20/7/2022) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Diponegoro tim 2 Tahun 2021-2022 diterjunkan ke masyarakat pada tanggal 05 Juli – 18 Agustus. Salah satu lokasi kelompok KKN UNDIP berada di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Wanamukti Siguede adalah salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kaliangkrik. Destinasi wisata yang berada di Dusun Kebonlegi, Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang ini menawarkan camp area dan berbagai pemandangan hijau. Mulai dari pemandangan yang sekelilingnya gunung, hamparan sawah dan perkebunan serta golden sunrise dan sunset yang indah.

Di wisata Wanamukti Siguede juga terdapat kolam ikan hias dan terapi yang bisa dinikmatin oleh wisatawan, tetapi ditemukan permasalahan pada kolam tersebut yang memiliki air yang kotor dan keruh yang disebabkan tidak adanya siklus air dan penyaringan pada kolam tersebut, sehingga dapat menyebabkan masalah pada ekosistem ikan dan kotornya air kolam yang tidak terlalu enak dipandang.

dokpri
dokpri

Dengan adanya permasalahan tersebut Mahasiswa KKN UNDIP segera berdiskusi dengan pengelola wisata dan menawarkan ide untuk memasang filter air dengan tujuan siklus air berjalan dan menjernihkan air dengan menyaring kotoran ikan dan zat lainnya yang menyebabkan keruhnya kolam.

Pelaksanaan program tersebut dilakukan dengan cara menyiapkan alat dan bahan yaitu pompa air, selang, pipa, tong filter dan bahan-bahan filter yang terdapat didalam tong seperti jaring, spons, arang dan karang.

dokpri
dokpri

Mahasiswa KKN UNDIP tidak hanya memasang filter air tetapi juga melakukan pengurasan air dan merefill air, serta memisahkan ikan hias dengan ikan terapi dalam satu kolam dengan cara memberikan sekat, sehingga ikan terapi tidak dimakan oleh ikan hias yang ukurannya lebih besar.

Hasil dilakukannya program tersebut adalah semakin tertariknya wisatawan pada kolam dan menunjukan antusiasnya wisatawan dalam melakukan terapi ikan. Oleh karena itu, semoga wisata Wanamukti Siguede semakin berkembang dan terus berkembang hingga melebihi harapan, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih juga untuk warga setempat dan para pengunjung.

dokpri
dokpri

Penulis                       : Muhammad Nabil

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan