Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Freelancer - Jurnalis

Jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kebudayaan sebagai Daya Tarik Pariwisata

7 November 2023   14:49 Diperbarui: 7 November 2023   14:59 494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: pexels.com

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan, baik dari segi seni, budaya, hingga tradisi. Kebudayaan merupakan salah satu daya tarik pariwisata yang dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kebudayaan adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang diwujudkan dalam bentuk karya seni, budaya, dan tradisi. Kebudayaan merupakan hasil interaksi manusia dengan lingkungannya dan berkembang dari waktu ke waktu.

Pariwisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan maksud rekreasi, budaya, atau bisnis. Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting bagi negara.

Hubungan antara kebudayaan dan pariwisata

Kebudayaan memiliki hubungan yang erat dengan pariwisata. Kebudayaan dapat menjadi daya tarik wisata, sarana promosi wisata, sarana pengenalan budaya, dan sarana pelestarian budaya.

Kebudayaan sebagai daya tarik wisata

Kebudayaan dapat menjadi daya tarik wisata karena memiliki nilai-nilai estetika, historis, dan filosofis. Misalnya, Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dan budaya yang memiliki nilai estetika tinggi.

Kebudayaan sebagai sarana promosi wisata

Pariwisata dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan kebudayaan kepada wisatawan. Dengan mengenal kebudayaan, wisatawan akan lebih tertarik untuk mengunjungi suatu daerah. Misalnya, Tari Kecak merupakan salah satu kesenian tradisional Bali yang terkenal di dunia. Tari ini merupakan daya tarik wisata yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali.

Kebudayaan sebagai sarana pengenalan budaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun