Mohon tunggu...
Muhammad Ilham Noor
Muhammad Ilham Noor Mohon Tunggu... Guru paruh waktu

strive for your dreams

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Artikel Utama

"What Lies Ahead", Menerka Masa Depan dari Hal-hal Kecil

29 Desember 2020   15:13 Diperbarui: 30 Desember 2020   19:45 252 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"What Lies Ahead", Menerka Masa Depan dari Hal-hal Kecil
ilustrasi papan tulis. (sumber: pixabay.com/mohamed_hassan)

Itu di hari rabu, saat Nona Lim, pengajar Bahasa Inggris kami memberikan tugas harian sebagaimana biasanya. Selain seorang polyglot, sepertinya Nona Lim juga sangat menggemari segala sesuatu yang berbau teknologi. 

Hal tersebut dapat dilihat dari semangatnya yang menggebu-gebu untuk menyaksikan presentasi kami di hari kamis. Materi kali ini berjudul "what lies ahead", garis besarnya adalah memprediksi bagaimana hal-hal akan berkembang di masa depan. 

Dan tugas harian yang Ia berikan: 'lihat masalah dilingkungan sekitarmu, hal apa yang ingin kamu ciptakan atau ubah?'. Nona Lim terlihat sangat bahagia ketika memberikan tugas tersebut, hal yang berbanding terbalik dengan ekspresi wajah ke-11 orang anak didiknya, termasuk saya. 

Setelah Ia menutup kegiatan pembelajaran di hari rabu itu, spontan saya disibukkan dengan berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan. 

Ketimbang memilih ide-ide besar seperti alat pemindai wajah, self-driving car dan sebagainya, saya lebih tertarik dengan masalah-masalah kecil, alasan yang paling mendesak adalah karena waktu yang diberikan untuk mempersiapkan presentasi hanya satu malam.

Lazy Board. Dokumen Pribadi
Lazy Board. Dokumen Pribadi

Langkah pertama yang saya lakukan yaitu mengamati benda-benda disekeliling secara mendetail. Berhubung saat itu saya berada di sekolah, maka benda-benda yang dapat diamati hanya meja, kursi, tumpukan buku dan papan tulis. Lama saya mengamati benda-benda tersebut, sampai akhirnya imajinasi itu muncul. 

Nah, kenapa saya tidak mencoba mendesain ulang papan tulis yang bisa menghapus sendiri. Tidak usah repot-repot menggoyangkan tangan ke kanan-kiri atau ke atas-bawah. Tekan tombol, mesin berjalan, papan tulis kinclong kembali.

Kemudian, segera saya mengambil PC dari dalam tas dan mencoba membuat desain awalnya. Ada 3 bagian penting dari prototype tersebut yaitu wiper, nozzle dan papan tulis. 

Wiper berfungsi sebagai material utama untuk menghapus noda di papan tulis, sedangkan nozzle digunakan untuk menyemprot air sabun agar wiper dapat bekerja secara maksimal membersihkan tinta marker atau spidol. 

Setelah corat-coret desain selesai, prototype papan tulis itu saya beri nama Lazy Board. Lazy Board muncul karena saya terlalu malas memikirkan sebuah nama untuk papan tulis tersebut. Not bad.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN