Mohon tunggu...
Muhammad Ihsan Hidayat
Muhammad Ihsan Hidayat Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN-T IPB Mengadakan Edukasi Business dengan Nilai ESG

23 Juli 2023   09:18 Diperbarui: 23 Juli 2023   09:20 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN-T IPB Mengadakan Edukasi Business dengan Nilai ESG di Desa Padomasan (08/07/2023) Dokpri

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan penyumbang yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia. UMKM berkontribusi terhadap PDB mencapai 60,5 persen dan terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional (Kemenko Perekonomian). Dengan kontribusi yang sebesar itu, maka UMKM terutama di pedesaan dinilai perlu mendapatkan edukasi yang mumpuni terkait dengan wawasan bisnis yang berkelanjutan.

Mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB University di Desa Padomasan, Batang, Jawa Tengah menginisiasi sosialiasasi dan pelatihan pada Sabtu, 8 Juli 2023 untuk memberikan wawasan pengembangan bisnis beserta marketing yang mengusung nilai-nilai ESG (Environment, Social, Governance) untuk mendukung pengembangan UMKM di Desa Padomasan. Program ini merupakan kolaborasi antara kelompok mahasiswa KKNTI IPB University dengan kelompok karang taruna dan dihadiri pemuda-pemudi beserta warga pemilik UMKM di Desa Padomasan.

Pemberian materi terbagi menjadi 3 substansi, yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan perizinan usaha.

Sesi Penyampaian Materi Digital Marketing (Dokpri)
Sesi Penyampaian Materi Digital Marketing (Dokpri)
Materi manajemen keuangan dinilai perlu untuk diketahui oleh UMKM, oleh sebab itu pemaparan materi dilakukan dengan topik bahasan urgensi dari manajemen keuangan, praktik hingga studi kasus manajemen keuangan pada UMKM. Manajemen pemasaran juga dinilai penting untuk UMKM yang ingin berkembang di pasar yang lebih luas. Pemaparan materi manajemen pemasaran meliputi analisis pasar, strategi pemasaran, hingga digitalisasi UMKM. Selain itu, pemaparan materi juga membahas perizinan usaha yang meliputi NIB (Nomor Izin Berusaha) dan sertifikasi halaa khususnya melalui alur self-declare.

Harapannya, pemberian materi tersebut bisa menjadi pemantik bagi para UMKM untuk senantiasa belajar lebih jauh lagi dan pada akhirnya akan mengembangkan eksistensi usaha-usaha masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan secara ekonomi.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun