Mohon tunggu...
Muhammad Fajar ramadhan irsyal
Muhammad Fajar ramadhan irsyal Mohon Tunggu... Dokter Spesialis THT-KL

Dokter Spesialis THT-KL RS THT Ciranjang Jakarta, RS GRH MM2100 Cibitung

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jamuran di Telinga

26 April 2020   03:33 Diperbarui: 26 April 2020   04:17 222 0 1 Mohon Tunggu...

Jamur di Telinga

Baiklah, hari ini saya akan membahas keluhan di penyakit tht yaitu jamur di telinga. Apakah jamur bisa ada di telinga ? Ini mungkin pertanyaan yang sering di pertanyakan oleh beberapa orang di luar sana, jawabannya adalah YA jamur bisa tumbuh di telinga.

Setelah kita mengetahui jamur bisa ada di telinga, bagaimanakah cara pengobatannya ? Apa gejala yang sering dialami ? Dan apakah ini berbahaya ? Dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan dan menjawabnya.

Baiklah kita Mulai

Istilah jamur di telinga dalam kedokteran kita sebut dengan otomikosis. Otomikosis bisa menyebabkan peradangan, pembengkakan atau infeksi di telinga, bisa satu telinga ataupun kedua telinga. Gejala khas dari penyakit ini adalah GATAL yang mengganggu dan diikuti rasa tidak nyaman di telinga.

JADI sampai saat ini kita sudah tau, bukan hanya kotoran telinga saja yg bisa menyebabkan gatal tetapi JAMUR juga bisa menyebabkan telinga terasa gatal.

Nahhh, dalam beberapa kasus keluhan otomikosis ini disertai dengan rasa nyeri di telinga dan telinga terasa penuh, kenapa hal ini bisa terjadi, ini dikarenakan pada saat gatal, refleks manusia akan garuk garuk telinga, hal ini lah yang menyebabkan nyeri karena garukan yang berlebihan akan menyebabkan pembengkakan sehingga telinga terasa penuh atau tersumbat. 

Sekarang kita mencari tahu apa faktor penyebabnya jamur bisa terdapat di telinga kita. Jamur muncul di telinga tidak terjadi secara tiba tiba, tetapi ada pemicunya, seperti tidak ada kotoran di telinga atau telinga terlalu bersih, suka korek korek telinga, trauma di telinga, riwayat berenang dan penggunaan alat bantu pendengaran di telinga.

HHhmmmm ---) berarti korek korek telinga itu tidak baik ya ??? Ya betul sekali, korek korek telinga bisa menyebabkan iritasi atau luka, dan kotoran telinga yang penting itu akan berkurang, sehingga terbentuk JAMUR…. Ngeri Ya

Dalam praktek banyak pasien bertanya ke saya, Dok, Apakah penyakit ini berbahaya ? Jawabannya adalah tidak, otomikosis tidak mengancam nyawa, tetapi tidak bisa di anggap remeh juga, karena kalau di biarkan, tidak di obati dapat menimbulkan komplikasi. Penyakit ini memerlukan pengobatan jangka panjang.

Nahhh… bagaimana cara mengobatinya ? Jika pembaca mengalami keluhan seperti ini, segera pergi ke dokter atau ke dokter tht, biasanya kalau saya menangani kasus ini, saya akan membersihkan jamur sebersih bersihnya yang berada di dalam liang telinga, kemudian dapat di kasih obat anti jamur baik yang berupa tetes, salep atau oral. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x