TANTANGAN GURU MENGHADAPI KURIKULUM DI ERA DIGITAL
oleh : Muhammad Azhar Firjatullah 241012500280
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan jasmani Universitas Pamulang
Abstrak
Pendidikan adalah usaha dasar yang terencana untuk menjadikan suasana belajar dan proes pembelajaran, agar siswa siswi dapat mengembangkan potensi dirinya dan mengembangkan pengetahuan secara umum dan keterampilannya. Kurikulum adalah suatu sistem yang terencana yang membahas mengenai pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Kurikulum menjadi suatu peran yang penting di dunia Pendidikan karena sistem yang terencana agar dalam pembelajaran di sekolah bisa berjalan lebih baik dan efisien. Di zaman sekarang yang setiap pergantian menteri pendidikan berganti juga kurikulum padahal proses kurikulum meliputi perencanaan, perorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Jika berlangsungnya kurikulum yang berganti setiap saat bagaimana pendidikan di Indonesia bisa maju. Untuk mencapai tujuan kurikulum pendidikan yang baik maka di butuhkan tujuan pendidikan yang tepat agar proses pembentukan pribadi manusia bisa berhasil. Tujuan penulisan dan artikel ini adalah memberitahu kepada pembaca pentingnya manajemen kurikulum pada zaman sekarang.
Kata kunci : Pendidikan, kurikulum, manajemen.
1.PENDAHULUAN
Komponen yang penting dalam sebuah penyelenggaraan pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum adalah rencana yang di jadikan sebagai pedoman atau pegangan dalam kegiatan proses belajar mengajar Kurikulum sudah ada di Indonesia pada tahun 1947 dan dengan dunia pendidikakn yang semakin modern perkembangan kurikulum juga ikut berkembangan pembaharuan pembaharuan banyak di lakukan  untuk memenuhi  Pendidikan  agar menciptakan generasi yang kualitas. Saat ini kita sedang berada di era digital, yang telah memberikan pengaruh yang luas pada hampir setiap elemen kehidupan bahkan di sekolah, penyesuaian atau pergeseran, bahkan perubahan yang mendasar sudah terasa. Tantangan baru itu memerlukan proses berpikir terobosan jika yang dibutuhkan adalah output yang berkualitas yang dapat bersaing dengan pekerjaan di lingkungan terbuka. Manajemen kurikulum adalah semacam upaya bersama atau upaya untuk mempromosikan pencapaian tujuan instruksional, terutama upaya untuk meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu, sekolah harus mampu melahirkan dan melatih generasi penerus multitalenta yang berkompeten, yang pada akhirnya memerlukan revolusi dalam metode pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang peka terhadap masalah zaman dan tuntutan masyarakat. Jika sekolah memperhatikan hal ini, wajar jika mereka menyesuaikan manajemen dalam kerangka kurikulum agar dapat beradaptasi dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era digital.
2.METODE
Penelitian ini adalah sebuah penelitian dengan pendekatan analisis. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan secara analisis karena tulisan ini dibuat berlandaskan kepada referensi artikel yang telah dipublikasi yang kredibel. Artikel ini akan membahas perihal apa yang dimaksud dengan tantangan guru menghadapi kurikulum digital dalam era digital guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolah.