Hai Kompasianers! Meskipun kamu menjadi seorang pimpinan, ada hal yang harus kamu perhatikan saat ingin berkomunikasi dengan bawahan lho! Yaitu Lihat Situasi, Fokus Pada Masalah, Ajak Bertemu Langsung, Sampaikan Tugas Dengan Jelas.  Yuk perhatikan 4 hal berikut lebih dalam versi saya supaya arahan kamu dapat dipahami oleh bawahan.
1. Lihat SituasiÂ
Kamu juga harus mengedepankan sisi humanis. Apabila bawahan sedang dalam kondisi yang tidak baik, maka pertimbangkan dilain waktu. Kamu dapat melihatnya dari raut wajah, gerak - gerik hingga performa nya belakangan ini. Serta kumpulkan informasi tentang dia sebanyak - banyaknya. Jika dipaksakan, maka dia akan merespon arahan kamu dengan tidak maksimal lho!
2. Fokus Pada Masalah
Kamu wajib menghindari perbincangan ke ranah privasi. Sekalipun kamu mengetahui permasalahan yang sedang menimpa bawahan. Pada jam kerja, sampaikan permasalahan yang sedang tim hadapi untuk kemudian didelegasikan ke bawahan. Agar lebih maksimal, komunikasikan secara empat mata dibandingkan secara kelompok. Kamu ingin membahas ke ranah orivasi? Di luar jam kerja ya!
3. Ajak Untuk Bertemu Langsung
Apabilan tidak ada kendala, hindari menyampaikan arahan melalui aplikasi messenger. Karena kamu tidak bisa melihat respon ekspresi dan tanggapan dari bawahan. Dan yang paling terpenting adalah untuk menghindari kesalahpahaman yang sering terjadi karena tidak ada interaksi secara langsung. Buatlah janji temu di suatu tempat dan waktu yang sydah sama - sama disepakati ya!
4. Sampaikan Tugas Dengan Jelas
Sekalipun sebagai atasan, hormati waktu yang mereka luangkan untuk bertemu dengan kamu. Hindari basa - basi yang dirasa tidak perlu dengan melakukan sewajarnya saja. Gunakan gestur, intonasi dan bahasa yang mudah dimengerti sekalipun itu hal - hal teknis.Â
Setelah itu, kamu wajib memberikan kesempatan kepada bawahan untuk bertanya jika dirasa kurang jelas. Hal yang perlu dicoba yaitu kamu meminta dia untuk menjelaskan ulang terkait hal - hal apa saja yang sudah kamu sampaikan, supaya tidak ada kesalahpahaman satu sama lain.
Nah, itu 4 hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin berbicara dengan bawahan. Jangan lupa Kompasianers untuk mengedepankan etika dan adab saat sedang berkomunikasi, sekalipun dengan bawahan. Karena jika tidak ada mereka, tugas dan tanggumg jawab yang kamu hadapi belum tentu selesai, bukan?
 See You On Top!