Hai Kompasianers! Kamu ingin mengenalkan acara kepada pihak eksternal? Misalnya, kamu presentasi acara kampus ke pihak sponsor untuk mendapatkan bantuan dana. Kamu harus mempersiapkan 5 hal ini.
1. Ketahui Informasi Apapun Tentang Yang Akan Kamu Temui
Bertujuan agar kamu mempunyai citra awareness yang baik didepan pihak eksternal, sehingga mereka punya pemikiran "Wah kok dia tahu banget tentang kita ya?". Tidak harus semua, namun kamu perlu mengetahui beberapa point saja, yaitu:
- Profil : Telusuri tentang kapan berdirinya, latar belakang, serta visi misinya melalui website maupun social media;
- Produk : Ketahui daftar produk apa saja yang dimiliki oleh brand tersebut. Dan pastikan produk mereka bisa mendukung acara kamu nanti;
- Riwayat Kerjasama : Reputasi sebuah brand dapat dilihat dari banyaknya kerjasama yang telah dilaksanakan. Sehingga membuat kamu yakin untuk bekerjasama dengan mereka.
2. Kenali Produk Yang Kamu Punya Dari A - Z
Bertujuan agar kamu bisa sial menjawab semua kemungkinan pertanyaan. Karena dipasyikan kalau pihak eksternal akan menanyakan hal teknis/non teknis terkait apa yang kamu presentasikan. Kamu wajib memahami 5 point ini yaitu Profil Organisasi, Latar Belakang Acara, Detail Acara, Riwayat Kerjasama, dan Penawaran Kerjasama. Untuk penjelasan lebih detail, klik link berikut.
3. Kenali Brand Pesaing dan Jangan Menjelekan
Pada setiap bidang industri terdiri dari lebih dari satu brand lho! Hal yang harus kamu ketahui yaitu perbedaan antara brand yang kamu ajukan terhadap pesaingnya. Jangan sekali - kali menjelekan pesaing saat kamu sedang presentasi di depan pihak brand. Selain itu tidak etis, maka nama kamu beserta organisasi akan dicap jelek oleh mereka.
4. Ketahui Semua Potensi Keberatan dan Penolakan