Mohon tunggu...
Muhamad Aqil Maulana
Muhamad Aqil Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa UIN Jakarta

Senjata yang paling efektif untuk menghancurkan lawan adalah informasi

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hobi Itu Harus Dibatasi

18 September 2022   21:05 Diperbarui: 18 September 2022   21:39 95 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://img.freepik.com/free-vector/organic-flat-design-about-me-concept_23-2148905881.jpg

Hobi itu Harus Dibatasi

Siapa pun di dunia ini pasti memiliki hobi. Ini yang biasa dilakukan oleh orang-orang ketika sedang berasa dalam waktu luang. Hobi terkadang juga bisa memperluas pergaulan dan juga bisa pula mengembangkan kemampuan seseorang.

Namun tahukah kamu? Hobi itu harus dibatasi. Apabila tidak dibatasi, akan ada beberapa dampak negatif yang bisa membuat hidupmu semakin sulit. Berikut adalah beberapa alasan yang mengharuskanmu untuk membatasi hobimu

1. Waktu adalah Uang

Waktu lebih berharga dari pada uang. Hobi itu sah-sah saja jika dilakukan untuk mengisi waktu luang. Namun, kita harus tetap menyadari bahwa waktu itu adalah hal yang paling penting di dunia ini. Manusia mana pun tidak ada yang bisa memundurkan waktu walau hanya satu detik saja. Satu detik yang berlalu justru akan semakin menjauh dan tidak akan pernah kembali.

Sadar atau tidak, kita terkadang menggunakan kata-kata "tidak ada waktu" sebagai alasan untuk tidak melakukan kewajiban. Lantas apakah benar bahwa kita tidak punya waktu? Kita sama-sama memiliki waktu selama 24 jam dalam satu hari. Tidakkah bisa meluangkan satu jam saja untuk mengerjakan segala kewajiban dengan fokus?

Perlu diketahui, kedudukan kewajiban itu lebih tinggi dari pada hobi. Apabila harus memilih salah satu, maka kewajibanlah yang harus dipilih agar diselesaikan secepatnya. Kita harus bisa membatasi hobi kita agar tidak kehilangan kewajiban.

2. Membunuh Sikap Boros

Kebanyakan hobi yang ada membutuhkan harta. Walaupun hobi tersebut berupa olahraga, tetap membutuhkan harta untuk membeli makan dan minum demi memulihkan kembali tenaga yang hilang.

Finansial adalah hal yang sangat sensitif di dalam kehidupan. Di dalam kehidupan rumah tangga pun, finansial terkadang menjadi penentu harmonis atau tidaknya hubungan rumah tangga. Ini yang harus diperhatikan apabila kamu sedang menjalani hobi.

Ada kubutuhan dan ada keinginan. Kebutuhan berkaitan dengan panca indera, sedangkan keinginan berhubungan dengan hasrat. Apabila kebutuhan tidak dipenuhi, maka akan timbul masalah yang dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup. Namun, jika yang tidak terpenuhi adalah keinginan, pengaruh yang didapat tidak akan terlalu besar.

Di sini, kita dituntut harus memikirkan matang-matang apabila ingin mengeluarkan uang untuk menjalani hobi. Ini dikarenakan hobi masuk ke dalam keinginan

3. Menghindari Sikap Malas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan