Mohon tunggu...
Muhamad Aqil Maulana
Muhamad Aqil Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa UIN Jakarta

Senjata yang paling efektif untuk menghancurkan lawan adalah informasi

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Bolehkah Anak Kecil Menonton Film Horor?

18 Agustus 2022   16:42 Diperbarui: 18 Agustus 2022   17:13 154 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Film horor merupakan salah satu jenis film yang sangat diminati oleh banyak orang. Sensasi menegangkan yang ada di dalamnya dapat memicu adrenalin para penontonnya. Bahkan, anak di bawah umur juga banyak meminati film ini. Alhasil, banyak anak kecil yang takut dengan makhluk-makhluk tak kasat mata.

Pola Didik Orang Tua yang Menanamkan Rasa Takut

Sebenarnya, ini bukanlah penyebab utama mengapa anak kecil takut dengan hantu. Sadar atau tidak, orang tua sendirilah yang menyebabkan anak takut dengan hantu. Kita bisa lihat bagaimana pola asuh orang tua zaman sekarang.

Ketika si kecil susah diberitahu, kita selalu menggunakan kata-kata yang menjerumus ke hal-hal gaib seperti, "Biarin. Nanti dibawa Kolongwewe", "Biarin. Nanti didatengin mbak Kunti." Alhasil, timbullah rasa takut terhadap makhluk-makhluk tersebut.

Sebagai umat Islam, tentu saja kita harus percaya dengan hal-hal gaib. Kita harus percaya bahwa Kuntilanak, Pocong, dan lain sebagainya itu ada. Ini disinggung oleh Al-Qur'an di surat Al-Baqarah ayat 3:

"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan sholat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,"

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 3)

Namun, kita tidak boleh takut dengan mereka. Manusia itu lebih mulia dari pada makhluk gaib

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak-cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna."(QS. Al-Isra' 17: Ayat 70)

Oleh karena itu, kita harus mendidik anak-anak kita agar senantiasa selalu berani dengan hal-hal tersebut. Ketika masih kecil, jangan sesekali menakut-nakuti anak kecil dengan hal-hal gaib.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan