Mohon tunggu...
Muhammad Naufal Aslam
Muhammad Naufal Aslam Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN SUKA Ilmu Komunikasi (21107030034)

Be Humble

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pantai Goa Cemara, Rekomendasi Tempat Hits Pasca Pandemi

3 Juni 2022   01:59 Diperbarui: 3 Juni 2022   03:21 281 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid 19 sudah memasuki fase endemi, itu artinya industri wisata akan kembali diminati oleh para wisatawan dalam maupun negeri. Setelah dua tahun mengalami kerugian dan kemunduran akibat virus yang melanda seluruh dunia, banyak komponen warga yang sangat dirugikan akibat Covid 19 dengan kehilangan mata pencahariannya yang menyebabkan ekonomi masyarakat Indonesia menurun drastis, terutama masyarakat yang hidup di daerah wisata seperti gunung dan pantai. Dengan kondisi yang semakin membaik, industri pariwisata khususnya di Yogyakarta membuat perekonomian masyarakat pedalaman kembali normal seiring kembali dibukanya wisata gunung dan pantai secara normal.

Daerah Istemewa Yogyakarta memang menjadi favorit wisatawan yang sedang berlibur atau sekedar mampir untuk beristirahat. Yogyakarta seperti yang dikenal orang adalah daerah dengan segudang wisata yang indah, terdapat gunung, dataran tinggi bahkan Jogja juga mempunyai banyak sekali pantai yang bersih nan indah cocok untuk berlibur bersama keluarga dan juga teman-teman. Ada beberapa pantai dengan potensi wisata yang tinggi, yaitu Bantul, Gunung Kidul, dan Kulon Progo.

Jika kalian ingin berwisata ke pantai yang tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta maka datanglah ke pantai yang ada di Bantul, terdapat pantai pantai terkenal seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Samas. Namun jika kalian bosan dengan pantai-pantai tersebut, Pantai Goa Cemara bisa menjadi jalan lain. Pantai ini menawarkan suasana yang yang teduh dan keindahan alam yang dapat membuat hati dan pikiran kita tenang.

Lokasinya berada di Desa Patehan, Gadingsari, Kecamatan Danden, Kabupaten bantul. Pantai ini disebut Goa Cemara karena identik dengan banyaknya pohon cemara yang membuat teduh suasana pantai di siang hari. Pantai pasir hitam tersebut menjadi daya tarik wisatawan karena suasana pantai yang rindang apalagi dengan keindahan alam yang mampu membuat otak kita merasa fresh setelah letih bekerja ataupun pusing kuliah, ditambah lagi dengan pemandangan sunset dan juga sunrise yang memanjakan mata kita.


Harga Masuk dan Fasilitas yang Ditawarkan

Untuk dapat mengunjungi wilayah Pantai Goa Cemara, kalian cukup dengan membayar Rp10.000 per orang ditambah dengan biaya parkir kendaraan Rp.2000 per motor atau jika membawa mobil Rp5000 per mobil. Dengan biaya yang cukup murah kalian bisa menikmati indahnya pantai dan mendapatkan spot foto yang menarik secara gratis.

Walaupun pantai ini baru resmi dibuka pada tahun 2010, namun fasiltitas yang ditawarkan sudah cukup komplit, seperti toilet, kamar mandi, gazebo untuk beristirahat, serta aula untuk mengadakan acara atau kegiatan tertentu. Dari segi kuliner, saat ini sudah tersedia berbagai makanan di dalam pendopo ataupun pondok resto yang disediakan memang  khusus untuk masyarakat yang ingin berjualan makanan di wilayah pantai itu, ada banyak jenis makanan yang dapat dinikmati ketika kalian berkunjung ke Pantai Goa Cemara ini, dari penyetan, bakso, dan pastinya masakan laut atau seafood.

Dibalik segala kemewahan pantai dan fasilitasnya, ada hal yang sangat disayangkan dari pantai ini, yaitu banyaknya sampah berserakan di wilayah pantai yang membuat pantai kurang enak dipandang. Salah satu faktor banyaknya sampah berserakan adalah kurang tersedianya tempat sampah dan kurang kesadaran dari wisatawan yang berkunjung akan pentingnya kebersihan lingkungan. Perbuatan tercela yang seharusnya bisa merugikan wisatawan lain yang datang dan membuat citra pantai menjadi buruk dengan perbuatan yang sebenarnya sepele.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan