Mohon tunggu...
Muhammad IlhamWahyudi
Muhammad IlhamWahyudi Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya

Seseorang yang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Penerapan Ilmu K3 di Rumah

5 Desember 2020   19:19 Diperbarui: 5 Desember 2020   19:23 4 0 0 Mohon Tunggu...

Halo balik lagi nih sama mimin kali ini mimin mau bahas tentang pentingnya penerapan ilmu K3

Sebenarnya keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 sudah ada dalam regulasi yang dimiliki oleh Indonesia namun masyarakat masih asing. 

Jadi apa sih K3 itu? Menurut ILO K3 adalah ilmu multidisiplin dari ilmu keselamatan dan kesehatan masyarakat yang berfokus pada pencegahan bahaya mengenai keselamatan dn kesehatan kerja ditempat kerja. Tetapi apakah K3 hanya bisa dilakukan ditempat kerja saja? Jawabannya tentu TIDAK....... karena ilmu K3 memiliki tujuan untuk mencegah terjadinya bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Jadi ilmu K3 dapat diaplikasikan dimanapun dan kapan pun termasuk rumah kita. Tapi katanya rumah adalah tempat teraman? Siapa bilang karena dimanapun bisa terjadi kecelakaan.

Dalam ilmu K3 bahaya itu terbagi menjadi 5 macam pertama ada bahaya fisik seperti teriris pisau atau luka bakar karena memasak,kedua bahaya biologi seperti hewan pengerat atau iritasi karena kutu dan jamur,ketiga bahaya kimia seperti karbol atau cairan pembersih lantai,keempat bahaya ergonomik seperti duduk menonton tv terlalu lama atau rebahan sambil main hp terlalu lama,terakhir dan kelima yaitu bahaya psikososial seperti kekerasan dalam rumah tangga ( KDRT ).

Nah dengan banyaknya bahaya yang ada dirumah kita bisa mengurangi risikonya dengan mengimplementasi salah satu ilmu K3 yaitu hierarki pengendalian bahaya yg bisa kita lakukan diaktivitas setiap hari. Hierarki pengendalian bahaya sendiri terdiri dari beberapa macam seperti eleminasi,subtitusi,perancanaan,administrasi dan alat pelindung diri. 

Seperti eliminasi kita bisa menghilangkan benda berbahaya,subtitusi kita bisa mengganti benda yang berisiko dan bahaya,perencanaan dengan memasang peringatan pada tempat bahaya dirumah dan bisa menggunakan alat pelindung diri saat melakukan hal hal langsing.

Tentu dengan mengaplikasikan ilmu K3 pada aktivitas dirumah kita dapat mengurangi risiko dan bahaya yang ada dirumah,namun hal ini harus kita lakukan secara konsisten agar lebih efektif.

Nama : Muhammad Ilham Wahyudi

Nim : 2440020005

VIDEO PILIHAN