Mohon tunggu...
muhammad yusufi
muhammad yusufi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Putih , tinggi , cowo anak ke 3

Muhammad Yusuf I

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Pesatnya Thrifting dan Second Brand di Budaya Indonesia

30 Desember 2020   13:54 Diperbarui: 30 Desember 2020   15:12 5078
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama sebelom memasuki pembahasan apakah budaya popular itu? Budaya populer (dikenal juga sebagai budaya pop atau kultur populer) adalah totalitas ide, perspektif, perilaku, meme, citra, dan fenomena lainnya yang dipilih oleh konsensus informal di dalam arus utama sebuah budaya, khususnya oleh budaya barat di awal hingga pertengahan abad ke-20 dan arus utama global yang muncul pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. Dengan pengaruh besar dari media masa , kumpulan ide ini menembus kehidupan masyarakat. (Wikipedia,2020)

Budaya yang berkembang salah satunya di Indonesia di kalangan anak muda adalah second branded / thrifting. Thrifting sendiri adalah kegiatan mencari barang bekas atau kumpulan barang barang bekas yang nantinya akan di jual lagi. Barang barang bekas ini lebih ke dalam fashion anak muda dan setiap barang barangnya memiliki value atau kualitas terbaiki, meski banyak orang mengiri bahwa barang bekas sendiri sepatutnya di sumbangkan atau di berikan kepada orang yang kekurangan, tapi beberapa orang anakmuda menjadikannya memiliki harga standar bahkan lebih tinggi.

Thrifting sendiri diambil dari kata thrive yang berarti berkembang atau maju sedangkan thrifty mengartikan membagi atau menggunakan uang sebaik mungkin. Thrifting sendiri pertama kali berawal dari Amerika karena terjadi krisi besar besaran dan penjualan fashion tidak stabil dan dibuang dan biasanya barang barang ini di pakai oleh imigran. 

Karena krisis banayak orang tidak mampu membeli barang barang baru maka mereka membeli barang barang bekas. Sedangkan untuk thrift shop pertama kali yang bernama Buffalo Exchange dengan menjual barang barang bekas mereka dapat membuka sebanyak 17 cabang di sana. 

madeinpgh.com
madeinpgh.com
Tahun 90an memang era dimana Grunge sedang jaya-jayanya, dimana Kurt Cobain panutan setiap remaja dimasa itu. Bersama sang istri (Courtney Love), Kurt secara tidak langsung mempromosikan "thrifting style" dengan gayanya yang identik dengan ripped jeans, flanel shirt, dan layering yang cukup banyak. 

Kadang juga menggunakan t-shirt atay kemeja yang sudah bolong-bolong. Lantas, untuk mencapai style yang diinginkan, untuk mencari bawang-barang seperti itu harus pergi ke thrift shop, karena retail saat itu tidak menjual yang seperti itu. (USS.COM)


Tentunya barang barang yang di jual harus layak digunakan. Dan beberapa tahun belakangan thrifting sering di minati banyak anak muda, karena thrifting memiliki keisitmewaan sendiri seperti barang barang yang di dapat otentik dan mungkin asli dari desainernya atau barang yang sedang dicari di kalangan kalangan peminatnya. 

Biasanya barang barang fashion yang otentik,vintage memiliki keistimewaan sendiri, bahkan jika dijual lagi harganya dapat melambung tinggi meski itu barang bekas. Vintage sendiri adalah kaos jaman dulu yang kemungkinan yang terbuat di tahun 1920 -1970 kebanyakan orang menghargai itu karena mereka dapat bernostalgia.

Di Indonesia sendiri baru baru ini tingkat peminat thrifting dan barang bekas semakin tinggi mungkin karena adanya daya jual beli yang menari untuk di jadikan asset / untuk meraup keuntungan. 

Di Indonesia sendiri banyak berapa tempat untuk mencari barang barang bekas. Dengan di era 4.0 atau era media massa sungguh lebih mudah untuk mendapatkan barang" bekas yang memiliki kualitas tinggi dengan harga terjangkau. Pesatnya second brand dan thrifting di Indonesia sendiri dikarenakan influencer atau artis papan atas banyak yang sudah menggunakan.

Saat ini media massa juga menjadi pengaruh dalam berkembangnya thrifting dan second brand karena lewat media massa banyak anak muda yang memposting gambar apa yang dia lakukan saat thrifting dan barang apa saja yang didapat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun